Cara Keluar Group WhatsApp Tanpa Ketahuan

Cara Keluar dari Group WhatsApp Tanpa Ketahuan

Banyak orang yang ingin keluar dari group whatsapp tanpa ketahuan dengan alasan notifikasi yang sangat mengganggu. Terlebih jika group whatsapp tersebut sangat spam dan tidak ada yang penting bagi kita. Tidak ada manfaat yang kita dapat, justru hanya memperlambat kinerja ponsel kita. Tapi tenang saja, dibawah ini sudah tersedia trik dan cara ampuh untuk keluar dari group whatsapp tanpa ketahuan anggota group.

Sebenarnya bisa saja kita keluar (left group) begitu saja dari group tersebut, namun takut gak enak dan bakal di invite lagi. Sehingga kita perlu sebuah cara untuk keluar (left) group whatsapp tanpa harus ketahuan anggota yang lain.

Bagaimana caranya? Yuk simak tips dari kang ponsel dibawah ini.

Cara Keluar Group WhatsApp Tanpa Diketahui

Berikut ini adalah beberapa cara untuk left group WA tanpa ketahuan anggota group. Namun perlu diketahui sebelum melakukan left group, Anda harus melakukan backup agar tidak kehilangan data whatsapp.

1. Mengganti Dengan Nomor Baru

Cara pertama adalah dengan menggunakan bantuan nomor baru. Sehingga Anda perlu menyiapkan nomor baru yang masih aktif.

Step 1: Backup Data Percapakan WhatsApp

Dengan melakukan backup data whatsapp, Anda tidak perlu khawatir kehilangan data. Bahkan Anda bisa menggunakan data backup ini untuk memulihkan percakapan dan bisa masuk ke group lama.

Berikut cara backup data whatsapp:

  1. Masuk ke aplikasi whatsapp ponsel.
  2. Silahkan buka setting dengan cara klik tiga titik di pojok kanan atas aplikasi WA.
  3. Masuk ke bagian Chat, lalu pilih Cadangan Chat.
  4. Maka Anda akan melihat tombol bertuliskan CADANGKAN. Namun sebelum itu Anda harus mengubah pengaturan dulu di bagian Cadangkan ke Google Drive.
  5. Anda pilih opsi Hanya ketika saya mengetuk “Cadangkan”. Dan atur opsi akun Google yang akan Anda jadikan tempat backup percakapan whatsapp. Cara Keluar dari Group WhatsApp Tanpa Ketahuan
  6. Sekarang Anda tekan tombol bertuliskan CADANGKAN dan tunggu sampai proses backup selesai.

Jika sudah melakukan backup data percakapan WA. Maka sekarang sudah aman dan lanjut untuk keluar dari group WA tanpa ketahuan.

Step 2: Ganti Nomor HP

Sekarang kita harus mengganti nomor hp untuk melakukan left group whatsapp tanpa ketahuan anggota group. Pastikan Anda mengganti dengan nomor lain yang masih aktif.

Berikut cara ganti nomor whatsapp:

  1. Buka kembali aplikasi whatsapp di ponsel Anda.
  2. Masuk ke bagian pengaturan seperti cara sebelumnya dengan klik icon tiga titik di pojok kanan atas aplikasi.
  3. Setelah pilih Setting, masuk ke menu Akun.
  4. Pada pengaturan akun ini, lalu pilih Ganti Nomor atau Change Number.
  5. Maka akan muncul peringatan bahwa dengan mengganti nomor telepon akan memindahkan info akun, group dan setelan whatsapp. Abaikan informasi ini karena kita sudah melakukan backup data percakapan whatsapp. Silahkan pilih Lanjut.
  6. Maka Anda akan melihat halaman Ganti Nomor dimana Anda harus mengisi nomor lama dan nomor baru yang aktif. Cara Keluar dari Group WhatsApp Tanpa Ketahuan
  7. Sampai tahap ini kita sudah selesai mengganti nomor lama dengan nomor baru di whatsapp.

Baca juga: Cara Hapus Kontak Telegram

Step 3: Clear Data Aplikasi WhatsApp

Namun, ada tahap lagi yaitu kita menghapus data (clear data) agar bisa keluar group whatsapp tanpa notifikasi atau ketahuan oleh anggota group.

  1. Silahkan masuk ke pengaturan umum ponsel. Bukan pengaturan whatsapp.
  2. Masuk ke pengaturan aplikasi, lalu cari dan pilih aplikasi WhatsApp. Disini kita akan menghapus data whatsapp. Tenang saja, aman karena kita sudah backup data.
  3. Pada aplikasi whatsapp, masuk ke bagian penyimpanan dan silahkan pilih Clear Data untuk menghapus semua data whatsapp tersebut. Cara Keluar dari Group WhatsApp Tanpa Ketahuan
  4. Maka selesai sudah dan kita sudah berhasil keluar dari group whatsapp yang mengganggu tanpa ketahuan anggota group.

Step 4: Login Kembali dengan Nomor Lama

Sekarang langkah terakhir agar Anda tetap menggunakan nomor hp lama. Namun, tunggu sampai 1 jam untuk login kembali ke aplikasi whatsapp.

  1. Jika sudah lebih 1 jam, silahkan buka aplikasi whatsapp.
  2. Kemudian login dengan nomor hp yang lama.
  3. Ikuti semua langkah-langkah login di whatsapp. Nanti akan muncul opsi Restore maka tinggal pilih Yes untuk mengembalikan semua data percakapan yang telah kita backup sebelumnya.
  4. Selesai.

Baca juga: Login Web WhatsApp Tanpa Scan Barcode

Mungkin cara diatas sangat mudah, namun bisa dipastikan ketahuan bahwa ternyata Anda keluar dari group dan mereka kemungkinan akan memasukkan (invite) lagi ke group tersebut.

Saran saya jika memang group tersebut tidak begitu spam dan alasan anda keluar group tersebut dirasa belum begitu penting (seperti group SMA, group bisnis dan sebagainya). Maka gunakan cara kedua dibawah ini agar Anda tetap terhubung tanpa merasa terganggu.

2. Memakai WhatsApp Business

Cara untuk menghindari spam atau gangguan dari group whatsapp adalah dengan cara mengganti nomor di group tersebut menggunakan nomor whatsapp business (WA Bisnis). Jika belum mengetahui apa itu whatsapp business silahkan baca kelebihan whatsapp business dari whatsapp biasa

Anda bisa menghubungi Admin group bahwa anda ingin mengganti nomor di group tersebut. Dengan begitu, nomor anda yang lama akan dikeluarkan dari group dan diganti dengan nomor bisnis.

Sehingga nomor utama anda (nomor whatsapp biasa) tidak lagi terganggu dengan group yang tidak begitu penting. Namun, Anda tetap bisa memantau group tersebut menggunakan whatsapp business ini.

Namun sebelumnya Anda harus menginstall aplikasi whatsapp business di Google PlayStore dan login dengan nomor baru. Jika sudah aktif whatsapp bisnis Anda, jangan lupa matikan notifikasi dari group whatsapp business sehingga tidak mengganggu.

Jadi Anda menggunakan 2 aplikasi whatsapp yaitu whatsapp biasa dan whatsapp bisnis yang terinstall di ponsel.

Baca juga: Cara Menghapus Tagar Foto dan Video di Instagram

Demikian 2 cara keluar group whatsapp tanpa ketahuan anggota group lainnya. Silahkan gunakan dengan sebijak-bijaknya. Jangan lupa, jika group dirasa penting dan menurut Anda banyak spam, silahkan sampaikan baik-baik ke admin agar dikondisikan dan kembali ke tujuan group semula.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here