Cara Menghapus Virus di HP Android

cara menghapus virus hp android

Merapote, mau tanya bagaimana sih cara menghapus virus di HP Android? atau apa tanda-tanda nya HP Android terkena virus? Termasuk cara agar ponsel android kita terhindar dari berbagai virus yang ada.

Jika Anda mengalami ponsel android terkena virus dan ingin menghapus virus tersebut. Merapote akan memberikan beberapa cara untuk menghapus virus di android dengan aman sehingga android Anda dapat terlindungi dari virus berbahaya.

Cara ini tentu dapat diterapkan di berbagai merek ponsel android. Termasuk menghilangkan virus malware, virus baterai, virus aplikasi maupun berbagai virus lainnya.

Mari kita bahas tanda-tanda android terkena virus dan cara menghapus virus di Hp Android Anda.

7 Tanda Android terkena Virus

Ponsel Android memang sudah menjadi sasaran untuk serangan virus atau malware yang tiap tahunnya terus meningkat. Seringkali kita sebagai pengguna tidak menyadari ponsel terserang malware yang dapat berisiko terhadap kesehatan ponsel dan keamanan data.

Namun tenang saja, kami telah merangkum 7 tanda apakah ponsel android Anda memiliki virus atau malware.

1. Panggilan dan SMS keluar dari ponsel sendiri

Hati-hati dengan panggilan atau SMS yang dilakukan secara otomatis dari ponsel android anda? Jika Anda memperhatikan ponsel anda secara otomatis melakukan panggilan sendiri kepada orang lain, berarti android tersebut sedang terinfeksi virus.

Sebagian besar virus memang dirancang untuk melakukan panggilan dan mengirim teks dari perangkat yang terinfeksi.

2. Penggunaan data internet lebih tinggi dari biasanya

Serangan virus pada ponsel android dapat dilakukan dari jarak jauh. Para hacker biasanya menggunakan koneksi internet aktif agar virus tersebut dapat menyerang ponsel target.

Karena itu, jika ponsel Anda sudah terkena malware atau virus, biasanya penggunaan data seluler akan meningkat dari sebelumnya. Jika itu terjadi, kemungkinan perangkat android Anda terinfeksi virus.

3. Baterai Android lebih cepat habis

Dengan perkembangan digital sekarang, daya tahan baterai ponsel sudah lebih mumpuni daripada pendahulunya. Berbagai smarphone saat ini sudah memberikan daya tahan baterai yang besar sehingga tidak perlu bolak balik charger ponsel.

Namun jika Anda mengalami suatu waktu baterai ponsel lebih cepat habis dari biasanya dan merasa tak wajar itu terjadi, kemungkinan ada virus tersembunyi di dalam ponsel Anda.

Virus tersebut biasanya berjalan di latar belakang ponsel sehingga menyebabkan baterai lebih cepat habis.

4. Kinerja Ponsel buruk

Kinerja ponsel yang buruk atau melambat tidak selalu dikaitkan dengan serangan virus. Biasanya kinerja ponsel menjadi lambat dan memburuk diakibatkan banyaknya aplikasi yang terinstal dari beberapa waktu terakhir.

Jika sudah menghapus aplikasi dan mengoptimalkan kinerja ponsel, namun masih terasa lambat dan memburuk, kemungkinan besar penyebabnya adalah infeksi virus.

5. Menginstal aplikasi asing

Sumber virus pada ponsel biasanya datang dari aplikasi yang berbahaya. Jika Anda saat ini sedang menginstal aplikasi asing, segera uninstall dan basmi virus menggunakan aplikasi anti virus.

6. Ponsel terasa panas

Biasanya ponsel akan terasa panas ketika bermain game, membuka berbagai aplikasi media sosial atau melakukan panggilan berjam-jam. Namun, jika Anda tidak menggunakan ponsel seperti tersebut dan terasa panas tidak seperti biasanya, kemungkinan ponsel Anda menyimpan virus atau malware.

7. Charger HP Android ke Laptop

Hal ini yang sering terjadi, kebanyakan orang melakukan charger ke laptop di saat keadaan darurat. Mungkin sangat membantu di saat keadaan darurat dan tidak menemukan tempat untuk charger ponsel.

Namun, jika Anda charger Hp Android Anda ke laptop yang mungkin menyimpan virus dan malware. Maka tidak bisa dihindari jika Android Anda juga terinfeksi.

Jika alasan Anda menghubungkan ponsel android ke laptop adalah untuk memindahkan data atau mentransfer data. Anda dapat menggunakan via web whatsApp dan memory card. Baca nih cara mengirim foto dari hp ke laptop

Via WhatsApp

  1. Anda tinggal mengirim file ke WhatsApp sendiri.
  2. Kemudian Anda buka whatsapp via browser menggunakan web whatsapp.
  3. Lalu download file tersebut.

Via Memory Card

  1. Silahkan Anda pindahkan semua file ke memory card Anda.
  2. Jika sudah, silahkan Anda hubungkan memory card tersebut ke laptop Anda
  3. Kemudian pindahkan semua file ke laptop
  4. Terakhir jangan lupa format memory card agar tidak menyimpan virus dan dapat menginfeksi ponsel android Anda.

Jika ponsel mengalami salah satu kondisi atau keadaan diatas, segera diatasi sebelum ponsel semakin memburuk.

Cara Menghapus Virus di Ponsel

Ada 2 cara untuk menghapus virus di ponsel android Anda, yaitu bisa tanpa menggunakan aplikasi ataupun menggunakan aplikasi anti virus.

Untuk cara menghapus virus tanpa aplikasi, yaitu menggunakan fitur android yang bernama safe mode.

Safe Mode

Safe Mode (Mode Aman) adalah cara menghidupkan ponsel android dimana aplikasi pihak ketiga tidak akan berjalan setelah safe mode diaktifkan.

Biasanya, Safe Mode dilakukan untuk memeriksa kinerja atau keadaan ponsel android yang sedang lambat atau dirasa terinfeksi virus atau malware.

Cara Menghapus Virus di HP Android
Tampilan Mode Aman (Safe Mode) di Android

Berikut cara merubah tampilan ponsel android Anda ke Safe Mode untuk mencari aplikasi ketiga yang dicurigai sumber virus atau malware.

  1. Silahkan matikan ponsel Anda terlebih dahulu.
  2. Setelah dirasa benar-benar mati, kemudian tekan tombol power dan tunggu sampai muncul logo merk ponsel anda.
  3. Jika menggunakan samsung, tunggu sampai logo samsung terlihat. Jika sudah muncul logonya, Anda langsung tekan dan tahan tombol volume bawah maka akan muncul mode Safe Mode.
  4. Jika sudah tampilan Safe Mode, Anda tinggal menuju setting >> aplikasi >> tab download
  5. Harusnya aplikasi pihak ketiga tidak muncul di sistem saat Safe Mode, hanya saja virus masuk dalam sistem dan berupa pihak ketiga.
  6. Silahkan cari aplikasi asing yang menurut Anda tidak pernah di instal.
  7. Jika sudah, silahkan restart dan ponsel Anda akan keluar dari Safe Mode.

Kebanyakan orang kebingungan untuk mengidentifikasi aplikasi pihak ketiga yang menjadi sumber datangnya virus atau malware. Anda tidak perlu khawatir, selain dengan Safe Mode, Anda dapat menghapus virus di Android menggunakan aplikasi anti virus.

Menginstal Aplikasi Anti Virus

Jika menggunakan aplikasi, perlu di ingat bahwa Anda juga harus mengetahui aplikasi anti virus yang cocok dan aman baik Android Anda. Jangan sampai menginstal aplikasi selain dari sumber resmi seperti Google Play dan App Store (untuk iphone).

Jika Anda bingung, Kami akan membantu memberikan rekomendasi aplikasi anti virus yang terpercaya sekaligus aman bagi kesehatan ponsel android anda.

Berikut 10 Daftar Aplikasi Anti Virus Terbaik untuk menghapus virus atau malware pada ponsel android Anda.

  1. AVL for Android
  2. Avast
  3. Bitdefender Antivirus
  4. McAfee Security & Power Booster
  5. Kaspersky Mobile Antivirus
  6. Norton Security and Antivirus
  7. Trend Micro Mobile Security
  8. Sophos Free Antivirus and Security
  9. Avira Antivirus Security
  10. CM Security Antivirus

Baca juga: WhatsApp akan Dihapus dari Ponsel

Factory Reset

Jika dengan Safe Mode dan Aplikasi Anti-Virus belum juga memberikan efek baik dalam menghapus virus di ponsel android Anda. Maka ada 1 cara lagi agar virus atau malware di ponsel hilang, yaitu dengan cara Factory Reset.

Factory Reset atau mengatur ulang android ke pengaturan pabrik juga dapat menghapus virus android dari ponsel Anda. Namun perlu diingat bahwa dengan melakukan factory reset, maka data Anda akan hilang.

Kami sarankan sebelum melakukan factory reset untuk mencadangkan atau membackup data penting pada ponsel.

Berikut cara untuk melakukan factory reset ponsel android Anda.

  1. Silahkan buka pengaturan dan cari Setel Ulang (Backup & Reset).
  2. Kemudian akan ada Reset Pengaturan, Reset Pengaturan jaringan, dan Reset Data Pabrik. Silahkan pilih Reset Data Pabrik.
  3. Kemudian pilih Reset.
  4. Tunggu 5 sampai 10 menit, maka ponsel Anda akan kembali ke pengaturan pabrik.

Cara menghindari virus & malware Android

Virus dan malware dapat di hindari jika Anda menjaga kesehatan dan keamanan ponsel dengan baik. Berikut Merapote memberikan tips dan cara agar terhindar virus dan malware android.

  1. Jangan pernah memasang aplikasi selain yang ada di Google Play Store
  2. Periksa izin aplikasi sebelum Anda menginstalnya
  3. Walaupun dari playstore, Anda harus melihat rating, review aplikasi apakah cocok dan sangat berguna bagi ponsel Anda
  4. Selalu perbaharui ponsel Anda
  5. Hindari melakukan charger ponsel Anda pada laptop.
  6. Cobalah untuk menginstal setidaknya 1 aplikasi Anti-Virus di ponsel kesayangan Anda.

Baca juga: Ketahui Penyebab HP Kembung

Demikian tulisan dari Merapote tentang cara menghapus virus di hp android. Semoga virus atau malware di ponsel android kesayangan Anda hilang total.

Jika panduan ini membantu, jangan lupa untuk membaginnya kepada orang lain agar blog Merapote banyak penggemarnya dan artikel dapat bermanfaat bagi orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here