Cara Setting Autotext Di Android

cara setting autotext di android

Cara Setting Autotext Di Android Dengan Mudah Seperti di BBM 

Autotext bisa dibilang merupakan fitur khas dan yang difavoritkan dari blackberry messenger. Dengan autotext, anda bisa dengan mudah memunculkan satu paragraf penuh hanya dengan mengetikkan beberapa huruf atau kata saja. Admin pun secara pribadi sangat terbantu dengan adanya fitur autotext.

Dengan fitur autotext, dulu admin yang merupakan salah satu pemilik online shop bisa dengan mudah mengatur informasi yang selalu ditanyakan berulang oleh customer. Salah satu contohnya adalah informasi daftar harga produk, atau format order produk.

Jadi, setiap ada calon customer yang menghubungi dan menanyakan daftar harga, admin cukup mengetikkan ‘daftar harga’ maka secara otomatis, pesan text ‘daftar harga’ tersebut akan berubah menjadi list daftar harga produk yang cukup panjang.

Baca Juga :

Adanya autotext ini sangat membantu, karena waktu tidak akan terbuang hanya untuk copy-paste text dari note. Sehingga respon ke pelanggan pun akan lebih cepat. Seperti ini lah gambaran mengenai apa itu autotext dan juga fungsi autotext.

Cara Setting Autotext Di Android Mudah Seperti di BBM Tanpa Aplikasi

Pamor BBM pun jatuh dan akhirnya mulai ditinggalkan. Di android banyak sekali tersedia aplikasi chatting yang jauh lebih populer. Dan banyak pengguna yang rindu akan kehadiran fitur autotext di BBM. Namun anda tak perlu kecewa karena sebenarnya anda bisa membuat autotext di HP android milik anda tanpa harus menginstall aplikasi pihak ketiga.

Di tutorial kali ini kami akan jelaskan cara membuat autotext di android dengan menggunakan fitur dari google keyboard (Gboard). Untuk detail langkah-langkah pengaturannya bisa anda baca di bawah ini :

  1. Buka menu Setting >> Additional Setting >> Language & Input >> Keyboard and Input Method.
  2. Pada Keyboard and Input Method tap pada opsi Current Keyboard lalu pilih Gboard (Google Keyboard).
  3. Berikutnya, pada opsi Available Keyboards, pilih Gboard lalu pilih Dictionary >> Personal Dictionary >> English >> dan pilih symbol (+) di pojok kanan atas layar
  4. Selanjutnya, anda tinggal mengatur autotext yang diinginkan. Pada kolom Type a word silahkan kamu isi dengan kata pintasan yang singkat, lalu pada kolom Shortcut kamu isi dengan paragraf/kalimat full. Jika kurang jelas, anda bisa melihat contoh berikut ini :cara setting autotext di android 1
  5. Simpan pengaturan auto text dengan cara kembali ke menu awal. Selanjutnya, kita akan mengaktifkan autotextnya dulu ya, silahkan lanjut ke step berikutnya.
  6. Masuk lagi ke menu Setting >> Additional Setting >> Keyboard & Input Method >> Gboard >> Text Correction lalu nyalakan pilihan Show suggestion strip.
  7. Selesai! Anda bisa mengetes fitur autotext di android anda di aplikasi chatting seperti whatsapp atau line, atau bisa mengetes via aplikasi notes/catatan.

Cara Mematikan Autotext Di HP Android Semua Tipe

Jika sewaktu waktu anda tidak lagi membutuhkan fitur autotext, anda bisa mematikan autotext di HP android milik anda dengan langkah berikut ini.

  1. Masuk ke menu Setting >> Additional Setting >> Keyboard & Input Method >> Gboard >> Text Correction.
  2.  Swipe ke kiri pada tombol Show suggestion strip sampai warna tombol menjadi abu-abu pertanda sudah tidak aktif.

Dengan fitur autotext di android, tentunya anda bisa menghemat waktu untuk mengetik paragraf yang panjang, dan juga menghindari repotnya melakukan copy-paste. Semoga artikel cara mengatur autotext di android ini bermanfaat bagi anda yang membacanya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here