Cara Memperbaiki Asus Zenfone 5 Boot loop

memperbaiki asus zenfone boot loop

Mengatasi Asus Zenfone 5 Boot loop Mentok Di Logo

Boot Loop merupakan kondisi eror dimana HP android tidak bisa masuk ke home screen setelah dinyalakan. Proses booting yang seharusnya tidak memakan waktu lama, tetapi malah mentok di logo merk hp saja, lalu kemudian mati kembali.

Eror boot loop tidak bisa dihindari di tipe dan merk android manapun. Salah satunya pada Asus Zenfone 5. Jika saat ini anda mengalami asus zenfone 5 yang boot loop dan mentok di logo dan ingin segera memperbaikinya, di tutorial kali ini ,merapote akan jelaskan secara lengkap cara memperbaikinya.

Penyebab Asus Zenfone 5 Boot loop Mentok Di Logo

Boot loop pada HP android pada dasarnya disebabkan oleh banyak hal, salah satunya disebabkan oleh penggunanya yang terkadang menggunakan Hp diluar batas kemampuan RAM/CPU, sehingga beban kinerja RAM/CPU melebihi kapasitasnya.

Baca Juga :

 

Ada beberapa cara mengatasi android Asus Zenfone 5 boot loop, dan work atau tidaknya cara-cara berikut ini bergantung pada seberapa berat boot loop nya.

3 Cara Memperbaiki Asus Zenfone 5 Yang Boot loop

Setidaknya ada 3 memperbaiki HP asus yang mengalami boot loop. Detail perbaikannya akan kami bahas secara lengkap, silahkan scroll, baca dan praktikan.

Cara 1 : Restore Di Recovery Mode Asus

Untuk kasus bootloop yang ringan dan tidak terlalu berat, anda bisa melakukan restore HP via mode recovery di Asus Zenfone 5 milik sandaobat. Caranya adalah:

  1. Untuk masuk ke recovery mode Asus, matikan HP Asus anda, dan saat mulai booting, tekan tombol power + Volume down bersamaan sampai muncul menu recovery.
  2. Pilih [Recovery Mode] dengan cara menekan tombol Volume Atas untuk memilih dan tombol Volume Bawah untuk OK.
  3. Pilih User Restore Data.
  4. Selesai. Biarkan Hp anda restart, dan tunggu apakah HP anda bisa masuk ke layar homescreen.

Cara 2 : Factory Reset Di Recovery Mode Asus

Bila restore data tidak work untuk memperbaiki kasus bootlop di asus zenfone 5 milik anda , cobalah opsi kedua dengan melakuakn hard reset/ factory reset. Mohon diingat, proses Factory Reset tentunya akan menghapus seluruh data di dalam HP sobat.

  1. Matikan Hp dan nyalakan kembali. Saat proses booting tekan tombol power+volume down bersamaan sampai masuk mode recovery.
  2. Pilih opsi wipe data/factory reset lalu pilih Yes — delete all user data.
  3. Tunggu sampai proses delete datanya selesai. Jika sudah, pilih wipe cache partition.
  4. Tunggu lagi sampai prosesnya selesai dan HP sobat akan restart dengan sendirinya.
  5. Selesai. Silahkan cek apakah HP sobat sudah bisa masuk layar homescreen.

Cara 3 : Flash Asus Zenfone 5

Jika cara pertama dan kedua juga masih belum bisa mengatasi boot lopp di HP asus anda , artinya masalah boot loop yang dialami HP anda cukup berat. Opsi terakhir dan tingkat keberhasilan mengatasi boot loop nya sangat tinggi adalah dengan flash asus zenfone 5 milik anda.

Cara Flashing HP Asus semua tipe pada dasarnya sama saja. Untuk flashing asus zenfone 5, anda perlu menyiapkan beberapa tool berikut ini :

1. Alat Pendukung

2. Cara Flash

  1. Pertama-tama, download semua file yang sudah sediakan di atas.
  2. Kalau sudah, matikan android ASUS milik anda dan masuk ke recovery mode dengan menekan “Power + Volume -“.
  3. Jika sudah,  buka ASUS Flash Tool dan silahkan masukkan ROM ASUS yang sudah anda download tadi dengan cara menekan gambar folder.
  4. Untuk Wipe Data, anda bisa memilih opsi manapun (YES atau NO). Jika anda memilih YES, maka HP anda akan diformat dan data-datanya akan dihapus.
  5. Setelah itu, silahkan anda tekan “Flash” dan silahkan tunggu proses nya sampai selesai. Kemungkinan proses ini memakan waktu sampai 15 – 20 menit.
  6. Dan perlu anda ingat dan perhatikan, dalam proses flashing usakan kabel usb nya tidak terganggu karena itu akan menyebabkan android anda bisa kembali bootloop.
  7. Jika muncul notifikasi ‘flash successfully’ maka android akan restart dan selesai.

Sekian dulu tutorial cara mengatasi Asus Zenfone mentok di logo atau boot loop. Semoga artikel ini membantu anda dan bisa menambah wawasan anda ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here