Cara Merawat Baterai HP Agar Awet dan Tahan Lama

cara merawat baterai hp

Merapote, bagi tips dan trik donk cara agar baterai hp android bisa awet dan tahan lama? Terutama hp samsung ya kang biar saya langsung mengikuti tips dan triknya. Makasih ya!

Sebenarnya ada banyak faktor yang menentukan terhadap daya tahan baterai ponsel Android Anda. Ukuran body ponsel yang lebih tipis, layar yang lebih cerah, prosesor yang lebih cepat, dan koneksi internet yang lebih cepat, semua itu sangat berdampak pada baterai ponsel. Itulah sebabnya banyak orang yang menggunakan power bank sebagai antisipasi ketika baterai cepat habis.

Namun apakah power bank akan terus Anda gunakan?

Kali ini, Merapote akan memberikan tips dan trik bagaimana cara merawat baterai ponsel android agar awet dan tahan lama.

1. Aktifkan Power Saving Mode

Anda mungkin akan mengalami berada dalam sebuah situasi dimana Anda harus menghemat baterai ponsel Anda? Caranya sangat mudah terutama bagi Anda pengguna hp samsung.

Anda dapat menggunakan fitur mode penghemat daya, dimana secara otomatis akan memperpanjang estimasi waktu pemakaian baterai ponsel. Tentu dengan menggunakan mode penghemat daya, kinerja ponsel akan sedikit menurun dari biasanya, namun tidak begitu pengaruh terhadap penggunaan wajar ponsel.

Cara Agar Baterai HP Awet

Sebagai contoh, di Samsung A3 2016, ada 2 opsi penghemat daya baterai.

Pertama, mode hemat daya medium, dimana ketika Anda mengaktifkan mode daya ini, ponsel Anda memiliki perpanjangan daya pakai baterai hingga 30 menit.

Namun dampak pada kinerja ponsel sebagai berikut:

  1. Kecerahan akan dikurangi sebesar 10%
  2. Kecepatan CPU akan dibatasi namun tidak mengganggu aktivitas ponsel Anda
  3. Penggunaan jaringan di latar belakang akan dinonaktifkan, artinya aplikasi tidak akan aktif dan tidak akan mengirim notifikasi sampai Anda membukanya lagi.
  4. Pemeriksaan lokasi dinonaktifkan

Kedua, mode hemat daya maksimum, dimana ketika mengaktifkan ini, ponsel Anda memiliki perpanjangan daya pakai sampai 3 jam lebih.

Namun dampak pada kinerja ponsel sebagai berikut:

  1. Kecerahan akan dikurangi sebesar 10%
  2. Pembatasan kecepatan CPU di aktifkan
  3. Penggunaan jaringan di latar belakang akan di nonaktifkan.
  4. Ponsel akan membatasi jumlah aplikasi yang digunakan
  5. Mode gelap akan aktif

2. Gunakan Wifi

Cara Agar Baterai HP Awet

Data jaringan akan terasa berat, terutama jika provider sedang mengalami gangguan atau jaringan tidak stabil, sehingga membuat kinerja ponsel semakin tinggi yang linear dengan daya tahan baterai ponsel.

Jika memungkinkan, atau Anda sedang berada di tempat yang mendukung WIFI, maka matikan data jaringan seluler Anda dan ganti menggunakan wifi.

Bahkan Anda juga dapat menggunakan Mode Pesawat untuk menonaktifkan semua fitur jaringan data dan beralih ke jaringan WIFI agar lebih hemat. Namun dengan menggunakan mode pesawat, ponsel tidak akan dapat menerima panggilan masuk dan pesan SMS.

3. Matikan Bluetooth, Lokasi, dan NFC

Fitur-fitur seperti Bluetooth, NFC, dan layanan lokasi memang sangat membantu, namun fitur tersebut sangat menguras baterai ponsel Anda. Jika memang tidak digunakan, segera matikan dan Anda dapat mengaktifkannya lagi ketika benar-benar membutuhkan.

Anda juga dapat mematikan program asisten suara di ponsel Anda. Untuk mematikan Google Assistant, Anda buka pengaturan Asisten dan nonaktifkan. Hal ini juga akan membantu menghemat masa pakai baterai ponsel Anda.

4. Kurangi Tingkat Pencerahan

Layar smartphone saat ini sudah mulai memukau, namun dengan resolusi yang tajam dan kerapatan piksel membuat daya tahan baterai menipis.

Anda dapat mengatur dan menurunkan kecerahan di layar, sehingga dapat menghemat daya baterai ponsel. Termasuk menonaktifkan kecerahan otomatis yang menyebabkan baterai ponsel lebih cepat habis dari biasanya.

Cara Agar Baterai HP Awet

Anda juga dapat mengubah berapa lama layar Anda tetap aktif saat tidak digunakan. Termasuk menonaktifkan notifikasi dari aplikasi tertentu, sehingga ponsel Anda tidak menyala setiap kali ada peringatan atau notifikasi baru.

5. Gunakan Wallpaper dan Widget secara normal

Pikirkan kembali jika Anda menggunakan walpaper dan widget yang sangat menguras baterai ponsel. Jangan gunakan wallpaper bergerak, karena membutuhkan energi lebih tinggi daripada wallpaper normal.

Sebaiknya juga batasi latar belakang dengan variasi warna, cukup gunakan walpaper 1 warna saja.

Termasuk widget, walaupun tampilannya sangat menggoda dan nyaman, pada dasarnya dengan banyak widget di beranda layar ponsel, akan semakin banyak aplikasi yang aktif walaupun tidak digunakan.

6. Silent Ponsel

Mulai sekarang coba untuk tidak mengaktifkan bunyi notifikasi maupun getar. Jika Anda mengaktifkan notifikasi getar, ponsel akan memicu motor internal untuk berdengung dan butuh energi yang menguras baterai.

Silahkan nonaktifkan dengan cara pergi ke pengaturan >> suara dan getar kemudian matikan mode suara dan fitur getar.

7. Matikan Pembaruan Otomatis

Pengembang aplikasi berupaya untuk memastikan aplikasi mereka berjalan seefisien mungkin. Perbarui aplikasi di ponsel Anda supaya aplikasi berjalan lancar dengan versi terbaru.

Namun, dengan melakukan pembaruan aplikasi, maka ukuran semakin besar sehingga memakan penyimpanan data dan daya tahan baterai.

Silahkan matikan fitur pembaharuan otomatis, baik saat menggunakan data seluler maupun wifi. Anda dapat memperbarui aplikasi secara manual jika Anda membutuhkan versi terbarunya.

Demikian ulasan Merapote tentang tips dan trik bagaimana agar baterai hp android awet dan tahan lama. Silahkan share ke teman-teman Anda supaya mereka juga bisa menghemat baterai ponsel.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here