Hal Penting Sebelum Jual HP Bekas

Hal Penting Sebelum Jual HP Bekas

Hal Penting Sebelum Jual HP Bekas (Second) – HP bekas masih menjadi idaman sampai sekarang, hal itu karena harganya yang sangat murah. Apalagi jika Anda tahu betul spesifikasi dari hp bekas tersebut, mungkin Anda bisa mendapatkan hp bekas kualitas bagus dengan harga murah.

Sebelumnya saya sudah bahas cara memilih hp bekas kualitas bagus, dimana artikel tersebut sangat cocok dibaca bagi Anda yang ingin beli hp bekas dengan kualitas bagus.

Sedangkan artikel ini akan membahas hal-hal penting bagi Anda yang berencana menjual hp bekas. Hal penting ini sangat berguna untuk mempermudah proses pencarian calon pembeli, termasuk menentukan harga supaya hp cepat laku.

Apa sajakah hal-hal penting tersebut? Yuk simak!

Hal Penting Sebelum Jual HP Bekas

1. Ketahui Harga Pasaran HP

Kebanyakan orang yang ingin menjual hp bekas, mereka belum menentukan harga dari hp tersebut.

Saya sering menemukan orang menjual hp bekas di group jual beli hp (facebook) tanpa mencantumkan harga. Postingan seperti ini bisa membuat calon pembeli bingung, bahkan tidak akan ada yang mau membelinya.

Sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui harga pasaran hp bekas tersebut. Selain mempercepat proses penjualan, Anda juga tidak akan tertipu ketika ditawar dengan harga yang sangat murah oleh calon pembeli.

Terus gimana cara mengetahui harga pasaran hp bekas Anda? Anda bisa mencari referensi di internet atau di marketplace seperti OLX, Bukalapak atau Tokopedia.

2. Kondisi HP Bekas

Nah, setelah survei harga pasaran, jangan lupa di sesuaikan dengan kondisi dari hp bekas tersebut.

Kita bisa mengambil rentang harga pasarannya berapa. Misalkan harga pasaran iPhone SE 16 GB sekitar 1 juta s/d 1,7 juta.

Nah kita bisa mengambil harga dari rentang harga tersebut dengan melihat kondisi dari hp yang ada.

Silahkan di cek terlebih dahulu beberapa fungsi atau fitur dari hp bekas tersebut. Pastikan semuanya berfungsi layaknya hp baru. Namun, pasti ada fitur atau fungsi yang sudah tidak begitu bagus layaknya hp baru.

Selama hp bekas masih ori dan tidak pernah di servis, atau bahkan tidak ada kerusakan yang serius. Maka ambil harga di rentang teratas.

Namun, pastikan lagi semuanya sudah di cek dan di sesuaikan dengan kondisi hp seperti kekuatan baterai dan body hp yang prima.

3. Kelengkapan HP

Jika anda dulu membeli hp baru dan aksesoris seperti charger, dus book dan sebagainya masih lengkap, tentu akan menambah nilai jual.

Dengan aksesoris hp yang masih lengkap, calon pembeli juga akan tertarik walaupun harga hp bekas Anda terbilang mahal.

Makanya, jika ingin menjual hp bekas, kumpulkan semua aksesoris kelengkapan hp. Dan pastikan semuanya bawaan hp alias ori, baik itu charger maupun earphone.

4. Tempat Jual HP Bekas

Jika sudah menentukan harga yang pas untuk hp bekas Anda, sekarang Anda bisa membuat iklan jual hp bekas di berbagai marketplace seperti facebook, OLX, bukalapak atau tokopedia.

Jika Anda ingin menjual secara cod atau bayar di tempat, saya sarankan untuk memasang iklan di OLX, marketplace facebook atau group jual beli hp di facebook.

Ketika janjian dengan calon pembeli, pastikan cari tempat yang ramai seperti stasiun kereta api. Oya jangan lupa, ketika sudah deal harga dengan pembeli, pastikan juga Anda sudah menghapus semua data pribadi yang ada di hp bekas tersebut.

Anda bisa melakukan reset default untuk menghapus semua file di hp, sehingga tidak ada data yang tertinggal dan tidak disalahgunakan oleh pemilik baru hp bekas tersebut.

Baca juga: Tips Membeli HP Secara Online

Demikian 4 hal penting yang perlu diperhatikan sebelum jual hp bekas atau hp second. Jadilah penjual yang cerdas dan pastikan semua data pribadi di hp bekas tersebut sudah terhapus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here