Cara Membuat Link Pendek di Telegram

Kang Ponsel, selain fitur telegram yang sudah dijelasin sebelumnya. Katanya di telegram bisa membuat link pendek atau url ya? Jelasin donk kang cara membuat link pendek di telegram biar saya tidak perlu instal aplikasi short link di ponsel.

Sebenarnya fitur-fitur telegram banyak sekali, bahkan pada artikel sebelumnya masih belum sampai tuntas dibahas.

Sebelum membahas bagaimana cara membuat short link atau link pendek di telegram, kita ketahui dulu fungsi dan apa itu link pendek.

Mempersingkatkan alamat url atau membuat link pendek adalah cara agar alamat blog, website atau link lainnya terlihat pendek dan menjadi ringkas.

Fungsi memperpendek URL adalah untuk terlihat lebih ringkat dan nyaman dilihat, terutama ketika kita share ke sosial media, seperti Facebook, Instagram, Youtube, Twitter, bahkan WhatsApp sekalipun.

Namun link pendek ini dirasa tidak mengganggu bagi pengguna internet karena sudah lebih ringkas. Sebaliknya, orang-orang juga akan merasa enggan untuk mengunjungi atau meng-klik link tersebut takut menuju web atau situs berbahaya.

Cara membuat link pendek menggunakan aplikasi telegram

1. Silahkan buka aplikasi telegram di ponsel Anda.

2. Kemudian tekan icon search dan ketik @ShortUrlBot pada kolom search tersebut.

3. Silahkan ketuk dan buka obrolan @ShortUrlBot dengan tekan START untuk memulai membuat link pendek Anda.

Cara Membuat Link Pendek di Telegram

4. Setelah menekan START, tunggu sampai ada balasan, biasanya dibalas just send me a link and i’ll shorten it.

5. Jika sudah, Anda langsung ketik url yang ingin diperpendek link url nya.

Cara Membuat Link Pendek di Telegram

6. Sekarang Anda sudah mendapatkan link pendek tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan dari memperpendek link url

Jika Anda membuat link pendek atau short link pada url website, blog atau url lainnya, tentu ada kelebihan dan kekurangan dari memperpendek alamat url tersebut.

Kelebihan

1 Link akan terlihat pendek dan ringkas.

Kenapa tidak dikatakan lebih rapi? Jika menggunakan bit.ly mungkin kita dapat mengaturnya dengan mengubah sesuai kalimat yang kita mau. Namun jika menggunakan short link bot dari telegram, kita tidak bisa mengatur link pendek sesuai kemauan kita.

2. Link asli tidak ketauan

Tentu ini menjadi kelebihan bagi Anda yang ingin menyamarkan link website asli. Mungkin yang mengeklik link tersebut akan mengetahuinya, namun bagi yang tidak mengeklik, mereka tidak akan tahu link aslinya.

3. Nama short link dapat di atur

Mengatur nama short link adalah kelebihan dari beberapa penyedia short link url. Seperti bit.ly, Anda dapat mengatur nama short sesuai keinginan. Namun, ini tidak berlaku bagi short link bot pada telegram, karena kita tidak mengatur sendiri dan hanya menerima link jadi.

Silahkan liat pada short link yang sudah dibuat menggunakan short link bot di telegram. Kita coba bandingkan dengan menggunakan bit.ly.

  1. Dengan bit.ly (http://bit.ly/linkpendekviatelegram)
  2. Dengan telegram (https://gourl.page.link/1hvN)

Untuk mengatur nama link tersebut di bit.ly, Anda harus login terlebih dahulu, gratis.

Kekurangan

1. Alamat website/blog sulit dikenal dan dihafal orang

Jika Anda sering melakukan short link pada alamat website atu blog Anda, orang akan sulit menghafal atau mengingat website Anda. Apalagi mereka yang tidak pernah mengeklik link tersebut.

Namun ini menjadi kelebihan bagi Anda yang memang tidak ingin orang-orang mengenal alamat website atau blog Anda, mengingat takut ada orang yang iseng atau jahat terhadap website/blog Anda.

2. Rawan jebakan

Seperti yang saya jelaskan tadi, jika link Anda tidak diatur sesuai judul, maka orang akan mengira bahwa itu adalah link referral, link palsu bahkan link yang berisi virus. Maka usahakan link Anda

Dengan menyamarkan link asli, orang akan lebih hati-hati untuk mengeklik dan mengunjungi link tersebut. Sehingga kemungkinan juga link url tidak di klik sama orang lain.

3. Resiko link rusak atau tidak dapat diakses

Tentu ini yang harus Anda pikirkan jika menggunakan short link url. Terutama jika penyedia short link sudah tua dan server down. Resikonya adalah short link akan sulit di akses bahkan tidak bisa sehingga orang tidak bisa mengunjungi website yang dituju.

Demikian lah cara mempersingkat url atau link pendek menggunakan aplikasi telegram. Silahkan share ke teman-teman lainnya agar mereka banyak mengetahui fitur-fitur telegram dari blog kang ponsel.

Tinggalkan komentar