Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Diblokir

Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Diblokir

Ketahui Penyebab dan Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Diblokir

Tak berbeda dari aplikasi sejenis lainnya, menggunakan Instagram pun Kamu juga harus memiliki akun untuk login dan mulai berbagi foto, video dan lainnya. Sayangnya, akun di media sosial populer ini tetap tak luput dari ulah jahil orang yang tak bertanggungjawab hingga membuat akun menjadi diblokir atau bahkan tak bisa Kamu akses lagi.

Akibatnya, data penting atau bahkan bisnis pun bisa ikut terancam. Cara mengembalikan akun Instagram yang diblokir bisa dikatakan harus disesuaikan dengan apa yang jadi penyebabnya.

Penyebab Akun Instagram Diblokir

Sebenarnya Kamu bisa mengetahui penyebab akun IG diblokir dengan membaca detail aturan penggunaan pada saat Kamu membuat akun. Sayangnya, dokumentasi seperti ini seringkali di-skip alias dilewati karena dianggap tidak penting, terlalu panjang dan mala membaca. Padahal dengan mengetahui informasi ini, cara mengembalikan akun Instagram yang diblokir bisa jadi lebih mudah untuk Kamu lakukan.

Nah umumnya, penyebab akun Instagram mengalami pemblokiran atau kena banned baik itu sementara atau permanen disebabkan oleh hal-hal di bawah ini:

Terlalu banyak melakukan spam foto, like dan share sehingga sistem mencurigai bahwa akun tersebut adalah robot alias bukan manusia. Misalnya dalam sekali waktu, akun IG mengirim sejumlah besar konten dan interaksi yang sangat tidak mungkin jika dilakukan oleh manusia. Instagram sendiri tentunya menginginkan layanannya digunakan oleh manusia, bukan oleh software dengan tujuan tertentu.

Memposting konten atau hal yang memang dilarang atau melanggar kebijakan instagram, misalnya konten yang memuat kekerasan, pembunuhan, pornografi dan lain sebagainya yang memang tidak sewajarnya dan sebaiknya memang tidak dibagikan. Contoh sederhananya adalah seperti media siaran televisi yang menerapkan sensor dan pembatasan ketat terhadap tayangan mereka, begitu pula dengan Instagram.

Baca Juga :   Cara Mengganti Password Instagram

Menggunakan layanan jual-beli followers, karena  jumlah pengikut dapat mempengaruhi anggapan pengguna lainnya yang artinya hal seperti ini bisa saja menyesatkan. Misalnya akun untuk keperluan bisnis agar bisa terkenal secara instan kemudian membeli followers dengan jumlah ribuan dari pihak ketiga, padahal produknya sendiri masih belum pernah terjual sebelumnya dna tidak ada yang pernah mengetahuinya.

Dilaporkan oleh pengguna Intagram lain. Tentu saja hal ini bisa terjadi, utamanya saat ada seserorang yang merasa ‘terganggu’ dengan unggahan dan akun yang Kamu miliki. Bahkan bisa saja berawal dari komentar yang kurang pantas menurut mereka. Apabila mereka bisa meyakinkan pihak Instagram, bukan tidak mungkin akunmu bisa kena blokir.

Ketahuan follow-unfollow terlalu cepat yang alaminya, cenderung tidak dilakukan oleh manusia normal. Selain itu, saat akun kedapatan melakukan login dan logout yang terlalu sering dan dengan jumlah akun yang banyak juga dapat memicu pemblokiran.

Cara Memulihkan Akun Instagram yang Terblokir

Kamu pun perlu menganalisa terlebih dahulu penyebab sebelum melalukan berbagai cara mengembalikan akun Instagram yang diblokir. Akun yang diblokir bisa saja menunjukkan gejala yang berbeda  mulai dari tidak bisa like postingan, tidak bisa komentar hingga tidak bisa follow. Lalu apa yang bisa coba Kamu lakukan? Tetap tenang, dan ikuti langkah berikut:

Istirahatkan Akun Instagram

Apabila akunmu dicurigai melakukan aktifitas yang tidak sewajarnyanya, seperti follow-unfollow, like-unlike dan lain sebagainya, maka Kamu bisa mencoba memulihkan akun cukup dengan ‘mengistirahatkannya’ setidaknya selama 1 x 24 jam atau seharian. Harapannya, rate aktifitas akunmu bisa dihitung normal kembali oleh sistem sehingga dapat digunakan sesuai normalnya kembali.

Lapor ke Tim Instagram

Tak sabar untuk menunggu sehari, Kamu bisa langsung menghubungi tim Instagram agar mendapat penanganan segera. Laporkan apa yang terjadi pada akunmu lalu jelaskan masalah yang Kamu alami. Janga lupa untuk meminta kepada pihak Instagram agar segera membuka blokir akun tersebut.

Baca Juga :   Sosial Media Terpopuler dan Favorit

Hapus Data di Aplikasi Instagram

Dalam kondisi tertentu, Kamu perlu memastikan pemblokiran tersebut dari platform lain. Mislnya mengakses akun dari perangkat lain entah itu ponsel lain ataupun komputer. Jika login-mu dan perangkat lain tersebut tidak memperlihatkan masalah seperti saat login dari aplikasi Instagram di ponsel, mungkin aplikasi tersebut yang bermasalah. Coba dengan hapus data dan cache dari aplikasi instagram dari Setting atau Pengaturan ponsel. Kemudian coba login kembali untuk memastikan akun dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Gunakan Mode Pesawat

Tak jauh berbeda dari gejala yang dijelaskan pada cara ketiga di atas, Kamu juga bisa memanfaatkan mode pesawat dari Quick Setting ponsel. Menghidupkan mode pesawat beberapa detik lalu mematikannya kembali dapat merefresh konfigurasi jaringan, termasuk Internet Protocol (IP) Kmau yang terdeteksi melakukan spam atau diblacklist sebelumnya. Sayangnya, cara ini tergantung pada layanan provider telekomunikasi yang Kamu pilih.

Demikian cara mengembalikan akun Instagram yang diblokir yang bisa coba Kamu terapkan. Ingat untuk menggunakan Instagram dengan baik dan wajar untuk mengindari pemblokiran terulang di kemudian hari. Pastikan pula email dan nomor HP telah terverifikasi ke akun Instagram. Hindari pula jual beli atau penggunaan tools menambah followers yang bisa saja menjadi pemicu masalah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here