Cara Merawat Kenari Untuk Lomba Dan Pasca Lomba

Merapote

Cara Merawat Kenari

Kenari merupakan salah satu spesies burung yang memiliki keistimewaan dari suaranya. Tidak sedikit pecinta burung yang berani mengikutkannya dalam kontes atau perlombaan. Siapa saja yang memiliki burung ini pasti mendapatkan rasa percaya diri yang lebih tinggi.

Menurut histori, kenari sering keluar sebagai juara ketika lomba. Tentu tidak serta-merta mereka yang juara mendapatkannya begitu saja. Artinya, ada beberapa cara merawat kenari yang harus diperhatikan, itu juga sebenarnya tidak sulit.

Pada umumnya, burung yang berada dalam perawatan jauh lebih baik daripada burung di habitat aslinya. Menurut situs https://kacer.co.id/, burung yang sedang dalam perawatan memiliki kelebihan karena bisa dilatih sesuai keinginan pemiliknya.

Berbeda dengan burung di alam liar, mereka hanya mengandalkan insting untuk berkicau. Di kesempatan kali ini, kami mencoba berbagi informasi mengenai cara merawat kenari untuk lomba, baik sebelum atau sesudahnya.

Cara Merawat Kenari Sebelum Lomba

Sebenarnya tidak jauh berbeda dalam perawatan, burung kenari juga sama seperti burung kicau lainnya. Intinya adalah anda harus konsisten dalam melakukannya, selain itu juga sabar. Langkah pertama yang harus dilakukan yakni dengan di angin-anginkan.

Proses ini sebaiknya dilakukan pada jam 7 pagi sebelum burung dimandikan. Setelah proses tersebut, barulah anda bisa memandikannya supaya badannya segar. Semprotkan air dengan sprayer dari jarak jauh seperti memandikan burung pada umumnya.

Setelah mandi, jemur burung dibawah sinar matahari hingga setengah kering. Jika sudah, gantung kembali burung untuk mendapatkan angin segar. Biarkan bulunya kering sempurna terlebih dahulu, kemudian anda bisa memberinya makanan.

Proses penjemuran sangat penting bagi burung kenari untuk melatih mentalnya. Burung yang memiliki mental kuat jauh lebih penting daripada suara merdu nya. Dengan mental yang kuat, burung siap melawan kicauan dari burung lain ketika dalam perlombaan.

Baca Juga :   Cara Download Foto dan Video Story WhatsApp

Berikan makanan yang berkualitas, tambahkan makanan ekstra dan vitamin jika perlu. Di siang hari, anda bisa melatihnya supaya berkicau lebih panjang dan ngerol. Gunakan pancingan burung lain supaya anda tidak lelah bersiul.

Cara Merawat Burung Kenari Setelah Kontes

Banyak orang yang hanya mementingkan sebelum perlombaan dalam merawat burung kenari. Padahal pasca lomba juga sangat penting diperhatikan supaya burung tidak merasa down. Perawatan setelah kontes juga penting untuk persiapan kontes selanjutnya.

Cara perawatan yang dimaksud tergantung dari kondisi burung setelah lomba. Apabila gairahnya semakin tinggi, silahkan beri mentimun untuk menurunkannya. Jangan lupa mandikan setiap hari, bisa 2 kali di pagi dan sore hari.

Jika ternyata kondisi kenari drop pasca lomba, berikan banyak vitamin untuk memulihkan nya. Tambahkan makanan ektsra, misalnya apel, pisang, dan buah bernutrisi lainnya. Anda pun bisa meningkatkan jumlah porsi makanan jika kondisinya memungkinkan.

Baca artikel Merapote.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Merapote.com tidak menyarankan untuk download aplikasi MOD. Aplikasi modifikasi pihak ketiga merupakan aplikasi tidak resmi dan sangat berisiko bagi keamanan perangkatmu. Jaka tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu pada perangkatmu. Selain itu, penggunaan aplikasi MOD juga sangat merugikan pihak developer!

Merapote

Blogger newbie yang masih banyak belajar di dunia blogging, semoga bermanfaat.

Tags

Artikel Terkait