9 Aplikasi Android Berbahaya

Aplikasi Android Berbahaya – Sebagai pengguna android, tentu lebih mudah untuk menginstal berbagai aplikasi di google playstore daripada ponsel ios yang memang sangat terbatas aplikasinya, walaupun ada itu juga berbayar. Namun dengan banyaknya aplikasi yang ada di playstore, tidak semua aplikasi yang ada support terhadap hp bahkan berbahaya pada ponsel dan penggunanya.

Dilansir dari cncb Indonesia, lembaga riset keamanan Sophos menemukan praktik kecurangan dari aplikasi android ketika masa uji coba berakhir. Aplikasi tersebut menagih pengguna uang jutaan rupiah melalui kartu kredit yang didaftarkan sebelumnya, walaupun aplikasi sudah di uninstall.

Berikut 6 aplikasi android berbahaya yang melakukan praktik bisnis curang tersebut:

  1. Aplikasi QR code reader
  2. Aplikasi kompas
  3. Aplikasi GIF maker
  4. Aplikasi Editor foto
  5. Aplikasi Camera
  6. Aplikasi pembuat wajah jadi tua

Sophos adalah perusahaan perangkat lunak dan perangkat keras keamanan Inggris. Sophos atau dikenal dengan Sophos Group plc ini mengembangkan produk seperti komunikasi, enkripsi, keamanan jaringan, keamanan email, keamanan seluler serta keamanan ancaman terpadu.

Sophos merilis bahwa telah menemukan beberapa aplikasi di playstore yang menggunakan model bisnis sah dengan syarat masa ujia coba (trial). Namun ketika uji coba tersebut berakhir, para developer aplikasi menyatakan akan mengenakan biaya jika pengguna tidak lagi menggunakan aplikasi tersebut.

Sophos kemudian melaporkan hal ini kepada Google, namun belum mendapatkan tanggapan yang jelas. Tidak berlangsung lama, akhirnya perwakilan dari google menyatakan bahwa google telah menghapus 14 dari 15 aplikasi yang dilaporkan dari Playstore.

Namun masalahnya adalah walaupun aplikasi sudah tidak ada di playstore, tetapi masih terpasang di ponsel, maka aplikasi tersebut tetap akan meminta bayaran kepada pengguna.

Model Bisnis Uji Coba (Trial) Aplikasi

Banyak aplikasi di google playstore yang memberikan uji coba gratis pada aplikasi yang ada, hal itu agar dapat menggait para pengguna ponsel untuk menginstal pada ponsel.

Aplikasi semacam ini biasanya meminta pengguna untuk melakukan sign-in dengan data-data sensitif seperti kartu kredit untuk mendapatkan masa trial aplikasi tersebut. Biasanya masa trial atau uji coba ini berlangsung selama 3 sampai 7 hari masa percobaan aplikasi.

Namun siapa sangka, setelah masa uji coba berakhir, ternyata orang-orang yang menginstal aplikasi tersebut mendapatkan tagihan penggunaan aplikasi pada kartu kredit mereka.

Walaupun pengguna sudah uninstall aplikasi, bukan berarti telah berhenti berlangganan, tagihan tersebut tetap muncul.

Berikut contoh tagihan mahal dari aplikasi setelah selesai uji coba (trial):

  1. Aplikasi QR code reader dengan biaya berlangganan 104,99 euro setelah penggunakan 72 jam atau 3×24 jam berakhir.
  2. GIF Maker dengan biaya berlangganan 214,99 euro setelah uji coba berakhir.

Baca Juga: Cara Menghapus Virus HP Android

9 Daftar Aplikasi dengan Bisnis Curang

Berikut 9 aplikasi yang melakukan bisnis curang dan meminta tagihan berlangganan kepada pengguna yang menginstal dan menggunakan aplikasi tersebut selama masa uji coba (trial).

  1. qr.code.barcode.maker.scanner.reader dengan biaya berlangganan 104,99 euro, dengan total jumlah download sebanyak 5 juta lebih.
  2. faceapp.facemystery.learnmoreaboutyourself dengan biaya berlangganan 104,99 euro, dengan total jumlah download sebanyak 10 juta lebih.
  3. com.recorder.video.magic.capture.gameplay dengan biaya berlangganan 104,99 euro, dengan total jumlah download 5 juta lebih.
  4. com.ally.video.recorder dengan biaya berlangganan 114,99 euro, dengan total jumlah download mencapai 5 ribu lebih.
  5. com.pey.old.me.face.aging dengan biaya berlangganan 104,99 euro, dengan total jumlah download 50 ribu lebih.
  6. com.gifmaker.giffree.gifeditor dengan biaya berlangganan 219,99 euro, dengan total jumlah download 5 ribu lebih.
  7. com.hidephotovideo.calculatorphotovault dengan biaya berlangganan 104,99 euro, dengan total jumlah download seribu lebih.
  8. com.compasspro.gpscoordinates dengan biaya berlangganan 219,99 euro, dengan total jumlah download 10 ribu lebih.
  9. com.searchbyimage.reverseimagesearch dengan biaya berlangganan 219,99 euro, dengan total jumlah download 20 ribu.

Demikian artikel 9 aplikasi android berbahaya yang wajib Anda hindari untuk di instal pada ponsel. Semoga berita ponsel ini dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada para pembaca.

Referensi: cncbindonesia.com

Tinggalkan komentar