Cara Install Google Play Service

Cara Install Google Play Service

Begini 2 Pilihan Cara Install Google Play Service

Mungkin diantaraKamu ada yang merasa bingung mengapa ponsel android tidak bisa mengunduh aplikasi atau memperbarui? Selain itu, ada pula masalah seperti mengapa beberapa aplikasi yang terinstal menjadi tidak berfungsi padahal koneksi internet lancar?

Mungkin Kamu perlu memeriksa status Google Play Service di smartphone tersebut. Mungkin saja layanan Google Play masih belum diperbarui, tidak berjalan atau bahkan terhapus. Lalu bagaimana cara install Google Play Service ini?

Mengenal Sekilas tentang Google Play Service

Google Play Service merupakan sebuah aplikasi yang memastikan bahwa layanan Google Play berjalan sebagaimana mestinya. Kebanyakan aplikasi yang Kamu gunakan membutuhkan layanan ini agar dapat digunakan secara optimal, utamanya untuk aplikasi yang sifatnya online. Setiap ada aplikasi online yang berjalan, maka layanan Google Play akan selalu aktif.

Google Play sendiri memegang peran yang penting pada ekosistem aplikasi untuk memastikan pengguna bisa menggunakan setiap aplikasi yang tersedia di Play Store dengan aman dan nyaman. Saat layanan Google Play terganggu, besar kemungkinan berbagai aplikasi tidak dapat berjalan, crash atau macet. Maka dari itu, penting bagi pengguna untuk memastikan bahwa aplikasi Google Play Service di perangkat mereka aktif dan selalu diperbarui.

Cara install Google Play Service sendiri sebenarnya jarang dilakukan pengguna karena sistem android biasanya akan memperbarui layanan Google Play secara otomatis. Bahkan aktifasi dan pembaruan ini akan berjalan sebelum pengguna bisa membuka Play Store. Namun dalam beberapa kondisi, ada pula pengguna yang sudah bisa masuk ke Play Store, meskipun proses download dan update aplikasi mereka tidak bisa berjalan.

Masalah pada Google Play service ini biasanya dialami oleh pengguna yang baru saja membeli handphone dalam kondisi bekas, pengguna yang baru saja melakukan factory reset pada perangkat android mereka hingga pengguna yang sering menggunakan custom ROM pada ponselnya. Perangkat dengan spesifikasi yang terbilang cukup lama juga seringkali mengalami masalah dengan layanan ini karena ukuran resource yang digunakan memang cukup besar.

Baca Juga :   Aplikasi Kamera Webcam Laptop

Pilihan Cara Install Google Play Service

Sama seperti cara menginstal aplikasi lain pada umumnya, Kamu juga memasang Google Play Service dengan cara resmi dan tidak resmi. Menggunakan cara resmi, cara yang dianjurkan, yaitu dengan memperbaruinya dari penyedia aplikasi resmi, yaitu dari Google Play Store.

Cara ini biasanya dilakukan jika sistem android tak kunjung menyalesaikan pembaruan layanan Gogle Play. Sementara Cara kedua, cara yang tidak resmi, yaitu dengan cara sideloading atau menginstal secara paksa.

Instal Google Play Service Terbaru dari Play Store

Cara resmi ini menjadi alternatif yang paling mudah untuk dilakukan. Tentu saja karena pihak Google sendiri yang merancangnya agar lebih mudah. Wajar saja, karena mungkin seharusnya tidak dilakukan sendiri oleh pengguna. Hal ini akan memastikan bahwa layanan Google Play yang digunakan oleh aplikasi di smartphone dalam kondisi optimal.

Cara install Google Play Service  terbaru dari Play Store bisa dengan mudah Kamu lakukan jika menggunakan link https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.gms ini. Jika tidak, Kamu bisa mengetikkan Google Play Service atau Perkhidmatan Google Play di kolom pencarian yang ada di Play Store.

Setelah ditemukan, silakan Kamu klik “Aktifkan” atau “Perbarui” atau “Update” pada detail aplikasi tersebut. Tunggu hingga proses download dan instal selesai, Playstore akan dimuat ulang jika sistem memerlukan.

Instal Google Play Service Terbaru dari File .APK

Lain lagi jika Kamu tidak menemukan aplikasi Google Play Service untuk diupdate atau diaktifkan dari Play Store, maka Kamu perlu menggunakan layanan penyedia aplikasi selain Playstore untuk memaksa instalasi atau pembaruan terhadap Google Play Service. Kamu bisa memilih layanan terpercaya seperti APK Mirror atau lainnya untuk mendapatkan APK.

Baca Juga :   Apa itu Ponsel?

Menggunakan sumber dari luar selain dari Play Store, Kamu pun harus memilih versi aplikasi (APK) secara cermat agar dapat diinstal di smartphone sesuai spesifikasi dan versinya. Pemilihan APK inilah yang biasanya menjadi kendala bagi pengguna karena bisa saja cukup membingungkan.

APK sendiri merupakan ekstensi file aplikasi untuk OS android, artinya Kamu perlu menemukan Google Play Service.apk dari penyedia aplikasi pilihanmu utnuk kemudian diinstal secara paksa ke ponsel.

Untuk mendapatkan Google Play Service.apk yang tepat, beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan sesuai dengan spesifikasi smartphonemu diantaranya:

  • Versi android,
  • Jenis arsitektur CPU dan
  • DPI

Nah untuk mengetahui detail dari perangkat smartphone yang Kamu gunakan, berikut ini yang bisa coba Kamu lakukan:

  1. Mengetahui versi android; dengan cara masuk ke menu Settings, lalu temukan Informasi Perangkat atau About Phone. Kamu bisa menemukan Android Version atau Versi Android di dalam tab tersebut
  2. Mengetahui jenis arsitektur CPU; informasi seperti ini jarang dijelaskan pada tampilan pengguna smartphone, artinya untuk mengakses informasi seperti ini Kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi seperti Droid Hardware Info yang juga bsia Kamu instal dari APK Mirror atau lainnya. Pastikan Kamu sudah mengizinkan penginstalan dari luar sumber terpecaya. Dari tampilan aplikasi Droid Hardware Info, lihat tab System.
  3. Mengetahui DPI; Kamu juga bisa menggunakan aplikasi yang disebutkan tadi untuk mengetahui nilai DPI dari smartphonemu.

Setelah ketiga informasi di atas Kamu ketahui, sekarang Kamu bisa memilih versi APK dari Google Play Service yang paling tepat untuk perangkatmu. Buka halaman download Google Play Service APK Mirror untuk memilih versi yang sesuai dengan versi android, arsitekstur CPU dan DPI ponselmu. Unduh aplikasi tersebut lalu pasang seperti memasang aplikasi biasa.

Demikianlah macam cara install Google Play Service yang bisa Kamu coba. Sebaiknya Kamu mencoba cara pertama terlebih dahulu karena menjadi alternatif yang memang dianjurkan oleh Google.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here