Penyebab Laptop Mati dan Cara Mengatasinya

Penyebab Laptop Mati dan Cara Mengatasinya

Banyak sekali laptop mati secara tiba-tiba. Biasanya penyebab awal laptop mati sendiri sehingga jika dibiarkan lama-lama laptop mati secara permanen (mati total).

Sebenarnya laptop mati bisa diperbaiki, tergantung tingkat kerusakannya. Terutama jika bermasalah dengan kerusakan hardware sehingga perlu penanganan serius seperti servis total.

Berbeda jika laptop mati karena masalah kecil yang bisa kita perbaiki sendiri.

Namun, tidak perlu khawatir, sebelum anda berencana membawa laptop anda ke tukang service, ketahui dulu apa penyebab laptop mati dan apakah bisa diperbaiki sendiri atau harus dibawa ke tukang servis laptop. Udah tahu cara mempercepat koneksi internet di laptop ?

Berikut ini penyebab dan cara mengatasi/ memperbaiki laptop mati total atau mati sendiri.

Penyebab Laptop Mati dan Cara Mengatasinya

Saya akan urutkan dari penyebab yang terkecil dan sederhana.

1. Adaptor Bermasalah

Pertama, laptop mati disebabkan karena aliran atau pasokan listrik tidak stabil. Sehingga merusak komponen laptop yang menyebabkan laptop tidak bisa nyala.

Anda cek pasokan listrik dan pastikan tidak bermasalah. Bisa menggunakan stabilizer atau UPS yang digunakan.

Anda juga bisa cek dengan menggunakan charger. Cek lampu indikator pada charger, nyala atau tidak.

Jika tidak menyala, kemungkinan kerusakan pada adaptor atau kabel adaptor itu sendiri. Anda bisa cek kabel sambungan ke adaptor, takutnya ada kabel yang terputus.

Anda juga bisa menggunakan cara lain, yaitu dengan meminjam charger laptop teman dengan type laptop yang sama. Fungsinya untuk memastikan apakah adaptor berfungsi dengan baik atau tidak.

Namun, jika adaptop dan kabel-kabelnya berfungsi normal, kemungkinan permasalahan terjadi pada komponen power.

Baca juga: Cara Mempercepat Browser Google Chrome

2. Baterai Laptop Bermasalah

Laptop mati juga bisa disebabkan oleh baterai laptop. Hal ini terjadi ketika baterai habis total sehingga memerlukan waktu untuk mengisi daya baterai agar laptop bisa menyala.

Namun, anda jangan coba menyambungkan adaptor/charger ke laptop tanpa baterai. Hal ini bisa merusak komponen laptop.

Silahkan anda charger laptop 1 sampai 2 jam, supaya baterai laptop bisa terisi. Jangan nyalakan laptop ketika baterai habis total, karena akan merusak dan mengurangi umur daya tahan baterai laptop.

3. Mainboard Laptop Bermasalah

Jika sudah memastikan seluruh komponen (adaptor/charger, power, baterai laptop) dalam keadaan baik. Maka kemungkinan besar kerusakan terjadi pada bagian mainboard.

Kerusakan pada mainboard laptop, bisa terjadi karena korsleting pada komponen-komponen sehingga menyebabkan mainboard bermasalah.

Jika ini terjadi, anda bisa membersihkan komponen-komponen yang ada. Termasuk debu pada bagian mainboard laptop.

Letak kerusakan komponen ketika laptop mati total biasanya pada harddisk, ram, dan sebagainya. Cek pada bagian ram dan harddisk dan bersihkan. Setelah itu, coba anda nyalakan.

Beda kasus jika laptop sudah tua atau berumur. Biasanya akan mati sendiri ketika laptop panas. Maka anda bisa gunakan kipas laptop agar suhu laptop tetap dingin.

Berbeda dengan laptop baru, anda bisa membawa ke tukang servis terpercaya. Apalagi jika masih ada garansi, anda bisa membawa ke toko resmi laptop tersebut untuk di cek dan diperbaiki.

Baca juga: Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Demikian 3 penyebab laptop mati dan cara mengatasinya. Semoga membantu dan laptop anda bisa kembali nyala. Pastikan juga untuk menjaga dan merawat laptop agar tetap awet dan tahan lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here