Pengertian dan Cara Kerja Komputer Server

Merapote

Pengertian dan Cara Kerja Komputer Server

Dalam bidang jaringan komputer, ada istilah server dan client komputer. Bagi orang awam, tentu hal ini jarang didengar, berbeda dengan penggiat IT yang sudah terbiasa dengan istilah komputer server. Mari ketahui dan pelajari definisi dan pengertian komputer server, jenis-jenis, fungsi dan kegunaannya dalam sebuah jaringan komputer.

Perlu diketahui, dalam sebuah jaringan komputer ada yang namanya server dan client, dimana kedua ini tentu sangat berhubungan.

Server atau peladen adalah penyedia / wadah untuk menyimpan data dan dokumen dari client. Sedangkan Client adalah pihak yang membutuhkan bantuan server agar tetap terhubung dalam sebuah jaringan.

Server menyediakan berbagai sumber daya seperti memori dan harddisk yang memiliki kapasitas besar, kemudian Client inilah yang biasanya meminta data atau file yang berada di pusat komputer server.

Komputer Server dalam Jaringan Komputer

1. Pengertian Server

Komputer Server adalah sebuah komputer khusus yang berfungsi sebagai pusat pelayanan bagi komputer-komputer lain (Komputer Client) dalam sebuah jaringan komputer. Layanan yang diberikan oleh komputer server biasanya seperti Web, FTP, DNS, Proxy, dan sebagainya.

Sebagai pusat layanan dari berbagai komputer client, tentu komputer server harus memiliki spesifikasi yang tinggi. Selain memiliki beban yang berat karena banyaknya request / permintaan data dari client, juga harus siap dan mampu bekerja 24 jam secara maksimal. Untuk itu, perlu diperhatikan secara detail kapasitas atau spesifikasi dari komputer server.

Berikut beberapa spesifikasi dan kebutuhan yang mendukung agar komputer server bekerja secara ektra dengan layanan maksimal.

  1. Memori RAM kapasitas besar agar proses multitasking jaringan berjalan cepat (di sesuaikan dengan jumlah dan kebutuhan komputer client).
  2. Harddisk dengan kapasitas tinggi.
  3. Memiliki spesifikasi hardware dengan sistem pendingin yang baik dan stabil.
  4. Dukungan sistem operasi komputer server demi kemudahan managemen dan ketahanan agar bekerja lebih maksimal.
Baca Juga :   Teamviewer Trial Version Expired Crack

2. Cara kerja Server dan Contohnya

Sebenarnya kerja server sangat sederhana, dimana server bekerja sesuai permintaan dari komputer client. Namun, server memiliki otoritas untuk mengatur dan membatasi akses client baik terhadap database, perangkat lunak maupun aplikasi.

Baca juga: Cara Melihat Spesifikasi Laptop dan komputer

Sebagai contoh warnet (warung internet), disana ada sebuah printer dan scanner. Dimana semua pengguna bisa menggunakan secara bersama-sama tanpa harus memindahkan printer atau scanner ke masing-masing komputer client.

Dengan bantuan komputer server, kita bisa menggunakan printer dan scanner langsung dari komputer client yang kita gunakan. Permintaan akses terhadap 2 perangkat tersebut masuk ke komputer server melalui jaringan komputer. Sehingga komputer server secara otomatis akan mengirim sinyal sesuai permintaan client (otomatis ngeprint sendiri tanpa perangkat printer terhubung langsung ke komputer yang kita gunakan).

Lebih jelasnya, dibawah ini fungsi lain dan lebih detail dari komputer server.

3. Fungsi Server

Dari penjelasan definisi/pengertian komputer server diatas, mungkin sedikit terbayang secara umum apa itu fungsi komputer server.

Lebih jelas dan lengkapnya, berikut beberapa fungsi dari komputer server.

  1. Bertanggung jawab dan melayani semua permintaan akses data / file dari komputer-komputer client.
  2. Menyediakan resource untuk perangkat keras maupun berbagai aplikasi yang dapat digunakan oleh komputer-komputer client.
  3. Bertanggung Jawab penuh untuk mengatur lalu-lintas data baik jaringan antara komputer server dengan komputer client maupun komputer client dengan komputer client lainnya.
  4. Sebagai tempat penyimpanan file / data yang dapat di akses penuh oleh komputer server dan client dengan menggunakan File Transfer Protokol (FTP).
  5. Mampu mengatur security akses dalam jaringan, sehingga tidak semua data atau file khusus bisa di akses oleh komputer client.
  6. Bertanggung jawab terhadap keamanan komputer client, sehingga komputer server wajib memasang firewall atau anti malware demi melindungi komputer client.
Baca Juga :   Cara Mempercepat Browser Google Chrome

4. Manfaat Server

Dengan adanya komputer server, semua aktivitas jaringan lebih mudah, cepat dan ekonomis.

Lebih mudah ketika client membutuhkan data dan dokumen, bisa langsung melakukan permintaan akses terhadap komputer server.

Lebih cepat artinya sebuah data dapat dibagikan ke sesama client dalam sebuah jaringan yang sudah terhubung dengan komputer server.

Baca juga: Cara Mengatasi File Microsoft Word yang Rusak/Corrupt

Termasuk lebih ekonomis dalam penggunaan berbagai perangkat seperti komputer dan scanner. Dengan adanya komputer server, semua client bisa ngeprint dan menggunakannya tanpa harus terhubung langsung ke perangkat.

Begitu juga, dengan adanya server kita hanya membutuhkan satu printer dan satu scanner yang bisa digunakan bersama-sama.

5. Jenis-Jenis Server

Komputer server memiliki berbagai jenis server, baik itu lokal server yang di khususkan untuk jaringan lokal maupun hosting server yang digunakan untuk internet.

Bagaimana dengan fungsinya?

Pada dasarnya tetap sama, mungkin penempatan, tujuan berbeda-beda di sesuaikan dengan spesifikasi, keperluan dan kebutuhan pengguna.

Berikut jenis-jenis server dan penjelasannya.

  1. Web Server: Fungsinya untuk menyimpan konten dan gambar pada sebuah website.
  2. Proxy Server: Fungsinya untuk membatas permintaan dan akses data antara server dan client di luar jaringan komputer.
  3. FTP Server: Fungsinya untuk mengatur transfer data dalam sebuah jaringan.
  4. Aplikasi Server: Fungsinya untuk mengolah permintaan yang diberikan client dan menghubungkan ke dalam database.
  5. Mail Server: Sebagai tempat penyimpanan pesan elektronik dan menangani berbagai permintaan client.
  6. News Server: Berfungsi untuk mendistribusikan berbagai jenis berita (news) melalui jaringan berita.

Baca juga: Cara Menghilangkan Tanda Shortcut Desktop

Demikian pembahasan pengertian, cara kerja, contoh, fungsi/kegunaan dan manfaat komputer server dalam sebuah jaringan komputer. Semoga bisa menambah pengetahuan dalam dunia komputer khususnya jaringan komputer.

Baca artikel Merapote.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Merapote.com tidak menyarankan untuk download aplikasi MOD. Aplikasi modifikasi pihak ketiga merupakan aplikasi tidak resmi dan sangat berisiko bagi keamanan perangkatmu. Jaka tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu pada perangkatmu. Selain itu, penggunaan aplikasi MOD juga sangat merugikan pihak developer!

Merapote

Blogger newbie yang masih banyak belajar di dunia blogging, semoga bermanfaat.

Tags

Artikel Terkait