Tips Memilih Power Bank Terbaik Bagi Ponsel

Merapote

Tips Memilih Power Bank Terbaik

Apakah Anda sedang mencari merk power bank terbaik dan terbagus? Jika ya, sebelum membeli powerbank Anda harus membaca tips dalam memilih power bank yang cocok dan aman bagi kesehatan ponsel Anda. Yuk simak!

Dijaman sekarang, power bank menjadi suatu keharusan sebagai alternatif cadangan dalam mengisi baterai HP. Dengan begitu perlu untuk lebih teliti dan cermat dalam memilih power bank yang akan digunakan. Demi menjaga keamanan power bank dan hp terhindar dari kerusakan.

Merk power bank paling bagus sebenarnya banyak, seperti power bank xiomi, vivan, hippo, samsung, anker, delcell, miniso dan sebagainya.

Dari semua contoh dan rekomendasi merk power bank diatas, tentu semua itu adalah terbaik dan berkelas dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya.

Sebenarnya tidak ada masalah jika Anda memilih power bank terbaik merk apapun, namun sebaik Anda membeli power bank yang sesuai dengan smartphone Anda.

Maksudnya gimana? Power bank yang akan Anda pakai akan menentukan kesehatan, keamanan baterai hp dan hp itu sendiri. Sehingga bukan hanya mencari powerbank terbaik, namun Anda juga harus mencari merk power bank yang sesuai dan cocok bagi ponsel Anda.

Berikut ini, Merapote memberikan beberapa tips yang perlu Anda ketahui dalam memilih power bank.

Tips Memilih Power Bank Terbaik dan Tepat

Tips ini sangat berguna dalam memilih power bank yang tepat bagi ponsel Anda.

1. Sesuaikan Nilai Arus Power Bank dengan Ponsel

Pertama, saat memilih power bank Anda harus menyesuaikan nilai arus power bank dengan ponsel.

Sebuah arus daya memiliki peranan penting dalam penggunaan ponsel. Logikanya, semakin besar arus daya yang dialirkan, maka semakin cepat pula proses (waktu) pengisian baterai ponsel.

Namun, apakah berlaku bagi semua merk ponsel? Tentu tidak, sebab tidak semua smartphone memiliki fitur fast charging sehingga penting untuk menyesuaikan nilai arus sebuah power bank dengan ponsel.

Sebagai contoh begini, jika arus untuk mengisi baterai hp Anda membutuhkan 2 Ampere, maka pastikan Anda membeli power bank dengan arus yang sama (2 A).

Tujuannya apa? Arus Power bank yang sesuai dengan ponsel akan berjalan normal, walaupun tidak sebaik charger asli dari ponsel tersebut. Setidaknya Anda sudah memilih power bank terbaik sekaligus sesuai bagi ponsel Anda.

Baca Juga :   Cara Memilih HP Bekas Kualitas Bagus

Jika Anda tidak mengetahui berapa arus ponsel yang digunakan, Anda bisa menjadikan charger ori sebagai referensi dalam memilih power bank yang sesuai. Cek di bagian kepala charger, disitu tertera berapa arus yang dikeluarkan, apakah 2A atau 1A.

2. Jangan Tertipu Harga

Selalu ingat “Ada Harga, Ada Kualitas”.

Dalam memilih power bank, jangan tertipu harga. Pasti banyak power bank di pasaran yang memiliki kapasitas besar namun harganya sangat murah.

Anda jangan sampai tergiur jika tidak mau kecewa. Bisa jadi power bank tersebut palsu.

Logikanya, mana mungkin kapasitas besar dijual sangat murah dan dibawah harga pasaran. Bisa jadi, baterai yang digunakan pun adalah baterai rekondisi yang tentunya sangat berbahaya.

Sehingga ada baiknya, Anda cek dulu harga pasaran, merknya apa dan kualitas power bank yang sesuai dengan yang Anda butuhkan.

3. Beli Power Bank Asli dan Terbaik

Di pasaran, sudah banyak tipe merk power bank. Pastikan Anda memilih power bank dengan merk yang original, terpercaya dan terbaik.

Sebagai referensi seperti Xiami, Samsung, Sony, Asus, Delcell, Vivan, Robot dan sebagainya.

Dengan memilih merk terkenal dan terpercaya, tentu sudah terjamin keaslinya sehingga kualitas tidak perlu diragukan. Namun, yang pasti dengan harga yang mahal, ada harga ada kualitas.

Tetapi, banyak juga yang beredar berbagai power bank palsu dengan memakai merk terkenal. Produk seperti ini dijual dengan harga sangat murah dan biasanya di jual di jalanan (tidak memiliki toko tetap atau toko terkenal).

Sehingga Anda perlu membeli produk di tempat / toko yang sudah terkenal dan menjamin menjual produk asli dan original. Anda bisa menanyakan pada teman, kerabat dan orang lain yang pernah membeli power bank di tempat tersebut.

Baca juga: Cara Merawat Baterai HP Supaya Awet

Jika Anda membeli via online, gunakan platform terpercaya seperti bukalapak dan tokopedia. Cek ulasan dan komentar dari toko dan produk tersebut, jadikan sebuah referensi.

4. Pilih Power Bank yang Memiliki Fitur Keamanan

Sangat penting untuk memilih dan membeli power bank yang memiliki fitur keamanan.

Pastikan produk power bank tersebut memiliki fitur Short Circuit Protection, sebuah fitur proteksi yang bisa mencegah terjadinya arus pendek (korsleting). Dengan adanya fitur keamanan ini, power bank dan hp akan terhindar dari kerusakan.

Baca Juga :   Aplikasi Brimo Tidak Bisa Dibuka

Selain itu, pilih power bank yang memiliki fitur Over Charging Protection. Fitur ini berfungsi mematikan arus listrik dari power bank secara otomatis ketika baterai ponsel sudah terisi penuh (100%).

Baca juga: Cara Ngecas HP yang Benar

Terakhir cari powerbank yang memiliki fitur Temperature Portection. Dengan fitur ini, akan terdeteksi jika ada panas berlebih dalam proses pengisian. Sehingga Anda bisa mencabut dan mengisi kembali ketika suhu power bank sudah normal.

Apakah ada power bank dengan fitur tersebut? Tentu ada, namun harga berbicara. Demi keamanan dan kesehatan baterai hp, kenapa tidak.

5. Cek Garansi Produk

Dengan melakukan pengecekan garansi produk, Anda bisa mengetahui apakah produk ini palsu atau original. Biasanya produk palsu tidak menawarkan garansi, walaupun ada tidak lebih dari 1 bulan.

Untuk yang resmi, biasanya ada jaminan garansi yang relatif lama, minimal 6 sampai 1 tahun.

Selain itu, pastikan garansi tersebut adalah garansi resmi, bukan garansi toko maupun personal. Banyak juga toko yang menawarkan produk harga murah dan garansi 1 tahun, namun bukan garansi resmi.

Dengan garansi resmi, jika ada kerusakan pada produk, Anda bisa langsung ke tempat garansi resmi di tempat manapun sesuai jenis produknya.

6. Pilih yang Memiliki Sertifikasi CE dan FCC

Ciri sebuah power bank dengan kualitas terbaik adalah memiliki sertifikasi CE (European Standar) dan FCC (US Federal Communications Commission). Dengan memiliki sertifikasi, produk tersebut sudah terjamin dan lolos dari pengujian standar kualitas.

Baca juga: Penyebab Baterai HP Kembung

Pastinya, power bank yang memiliki sertifikasi tersebut setidaknya dapat menjamin keamanan arus (proteksi keamanan) sehingga tidak merusak power bank dan smartphone Anda.

7. Sesuaikan dengan Kapasitas Baterai HP

Jika Anda sudah menemukan produk sesuai tips sebelumnya, terakhir pilih powerbank sesuai kapasitas baterai HP Anda.

Sesuaikan seperti apa? Jika Anda memiliki ponsel dengan kapasitas baterai 2.500 mAh, maka pilih powerbank yang memiliki kapasitas sebesar 5.000 mAh atau diatasnya.

Hal itu berguna agar ponsel dapat terisi kembali secara penuh dengan sisa daya power bank yang Ada gunakan sebelumnya. Namun, power bank yang memiliki kapasitas 5.000 mAh, belum tentu dapat melakukan dua kali pengisian penuh pada ponsel kapasitas baterai 2.500 mAh.

Karena akan ada daya terbuang dari power bank yaitu berupa panas. Sehingga pastikan pilih power bank yang memiliki kapasitas besar, tentu harganya lebih mahal.

Baca juga: Penyebab HP Panas dan Cara Mengatasinya

Demikian 7 tips memilih power bank yang terbaik kualitasnya dan sesuai dengan HP yang Anda gunakan.

Apakah ada tips lain? Ada, pilih sesuai budget yang Anda miliki. Namun, jika Anda ingin mendapatkan produk berkualitas, tentu ada harga. Selalu ingat, Ada Harga Ada Kualitas.

Baca artikel Merapote.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Merapote.com tidak menyarankan untuk download aplikasi MOD. Aplikasi modifikasi pihak ketiga merupakan aplikasi tidak resmi dan sangat berisiko bagi keamanan perangkatmu. Jaka tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu pada perangkatmu. Selain itu, penggunaan aplikasi MOD juga sangat merugikan pihak developer!

Merapote

Blogger newbie yang masih banyak belajar di dunia blogging, semoga bermanfaat.

Tags

Artikel Terkait