Cara Mengatasi HP Mendadak Panas

Merapote

Cara Mengatasi HP Mendadak Panas

Penyebab hp mendadak panas dikarenakan penggunaan yang tidak wajar. Akses media sosial, internet dan sebagainya juga bisa membuat hp menjadi cepat panas. Apalagi hp terpapar suhu panas dalam waktu yang lama. Sehingga perlu cara cepat untuk mengatasi hp yang mendadak panas agar terhindar dari kerusakan.

Sebelumnya, saya sudah membahas penyebab hp cepat panas dan cara mengatasinya. Namun, artikel ini lebih spesifik pada bahasan solusi atau langkah cepat mengatasi hp mendadak panas ketika hp sedang digunakan.

Berikut beberapa langkah cepat yang dapat dilakukan ketika ponsel atau hp mendadak panas.

Cara Mengatasi HP Mendadak Panas

1. Lepas Casing HP

Ketika HP mendadak panas, segera lepas casing atau pelindung body hp. Hal ini dilakukan agar suhu panas keluar tanpa hambatan pelindung ponsel.

Pelindung atau Casing HP memang sangat membantu body hp terhindar dari benturan. Namun, penggunaan casing hp juga bisa menghambat keluarnya suhu panas dari ponsel.

Selain itu, jangan gunakan casing ketika hp sedang di charger. Karena umumnya, proses pengisian daya baterai hp akan mengeluarkan suhu panas dari ponsel.

Sehingga disarankan agar casing atau pelindung hp dilepas sampai pengisian baterai hp selesai. Jangan lupa pelajari cara ngecas hp yang benar agar hp tahan lama dan hp terhindar dari suhu panas yang mendadak.

2. Matikan Data Seluler, Wifi dan Bluetooth

Penyebab hp mendadak panas juga disebabkan karena koneksi internet yang aktif.

Saat hp tidak digunakan, data seluler maupun bluetooth lebih baik dimatikan. Karena ketika internet aktif, ponsel tetap akan bekerja secara maksimal walapun hp tidak digunakan. Bahkan aplikasi seperti media sosial juga akan tetap berjalan dan memakai koneksi internet. Udah tahu cara menghemat kuota internet ?

Baca Juga :   Download Tool Skin FF

Hal ini juga berlaku ketika berada di tempat yang susah sinyal/jaringan. Mengaktifkan koneksi internet saat hp tidak digunakan, bisa menyebabkan kerusakan pada hp. Karena ponsel akan bekerja secara maksimal untuk mencari koneksi yang bagus.

Jika dibiarkan, hp mendadak panas dan bisa menyebabkan ponsel meledak.

3. Matikan Fitur Lokasi

Bagi anda yang sering menggunakan aplikasi grab atau gojek, pasti harus mengaktifkan fitur lokasi.

Mengaktifkan fitur lokasi dalam waktu yang lama juga sangat berbahaya bagi ponsel. Selain membuat baterai ponsel cepat habis, fitur lokasi juga bisa membuat suhu ponsel meningkat. Udah tahu cara merawat baterai hp agar awet dan tahan lama ?

Layaknya mencari koneksi internet, fitur lokasi juga membuat kinerja ponsel meningkat. Apalagi ketika koneksi internet tidak stabil. Tak heran jika ponsel mendadak panas.

Usahakan ketika menggunakan, segera matikan agar baterai menjadi irit dan ponsel tidak mendadak panas. Terutama bagi anda yang sering menggunakan ojek online, matikan fitur lokasi dan koneksi internet saat diperjalanan.

4. Jauhi Area Panas

Penyebab hp mendadak panas bukan hanya bersumber dari internal hp itu sendiri. Melainkan ada faktor eksternal seperti tempat atau suhu ruangan yang tidak sejuk.

Ketika hp mulai panas atau mendadak panas. Segera hindari tempat yang terpapar suhu panas, termasuk meletakkan hp di saku celana.

Anda bisa membawa ponsel ke lingkungan yang memiliki suhu normal. Terutama ruangan ber-AC sehingga bisa membantu mempercepat pendingan suhu ponsel.

Jika anda tidak menemukan ruangan Ber-AC, setidaknya hindari ponsel dari paparan matahari langsung. Anda bisa meletakkan ponsel di dalam tas, setidaknya terhindar dari suhu panas.

Namun, jangan sampai anda menyimpan ponsel ke dalam freezer. Karena suhu pada mesin pendingin bisa mencapai dibawah nol derajat celcius, dimana sangat berpotensi merusak ponsel. Udah tahu penyebab baterai hp menjadi kembung ?

Baca Juga :   Kode Undangan Tiktok Lite

5. Kurangi Kecerahan Layar

Saat ponsel mendadak panas, segera kurangi pencahayaan layar. Selain menghabiskan daya baterai, layar hp yang terlalu terang memungkinkan ponsel menjadi panas.

Anda juga bisa mematikan fitur kecerahan otomatis untuk menjaga suhu ponsel tetap normal.

Baca juga: Cara Tepat Merawat Power Bank

Demikian 5 cara cepat mengatasi hp yang mendadak panas. Dengan melakukan 5 langkah diatas, suhu panas ponsel akan segera turun dan hp terhindar dari kerusakan.

Baca artikel Merapote.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Merapote.com tidak menyarankan untuk download aplikasi MOD. Aplikasi modifikasi pihak ketiga merupakan aplikasi tidak resmi dan sangat berisiko bagi keamanan perangkatmu. Jaka tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu pada perangkatmu. Selain itu, penggunaan aplikasi MOD juga sangat merugikan pihak developer!

Merapote

Blogger newbie yang masih banyak belajar di dunia blogging, semoga bermanfaat.

Tags

Artikel Terkait