Cara Mengatur Margin Makalah

Cara Mengatur Margin Makalah

Cara Mengatur Margin Makalah dan Ukuran Kertas

Sudah jelas bahwa makalah sangatlah tidak asing bagi para pelajar atau mahasiswa. Sebab, makalah merupakan sebuah tugas sekolah atau tugas kampus yang dikerjakan oleh mahasiswa atau pelajar. Makalah tersebut kemudian dicetak dan dikumpulkan ketika pertemuan selanjutnya.

Namun tugas makalah sendiri bukan hanya isinya saja yang penting. Melainkan juga dengan hal lain yang jarang dibahas oleh siapapun. Hal tersebut adalah pengaturan margin makalah, kertas, font, hingga spasi. Pentingnya beberapa hal tersebut bakal membuat makalah menjadi lebih baik.

Sebab, dengan format yang diatur sedemikan rupa, maka makalah akan tersusun sangat rapi. Bahkan sudah sesuai dengan standar penyusunan yang jarang diberitahu oleh guru atau dosen.

Terlepas dari hal tersebut, makalah merupakan sebuah naskah pembelajaran yang utuh dan terstruktur secara sistematis. Kemudian makalah tersebut diangkat dari sebuah masalah dengan pendekatan satu dengan yana lainnya yang memakai disiplin keilmuan tertentu. Maka dari itu, dalam menjelaskan masalah dalam makalah tersebut harus menggunakan bidang ilmu yang linear.

Selain dalam hal margin, font, dan spasi juga memiliki ketentuan yang lain. Salah satunya adalah pada pengaturan kertas. Sehingga, pengaturan kertas biasanya diminta untuk menggunakan sejumlah fitur di Microsoft Word. Seperti di Insert, Page Layout, dan Page Set up.

Dalam hal ini, masih banyak para mahasiswa yang tidak tahu mengenai hal seperti ini. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang memilih untuk memberikan tugasnya ke pengetikan, sehingga mahasiswa hanya tinggal bayar saja. Maka dari itu, para mahasiswa atau pelajar kurang mengetahui terkait dengan margin makalah atau pengaturan kertas.

Standar Format Penulisan Makalah :

  • Kertas : A4
  • Font: Times New Roman
  • Ukuran Font: 12
  • Spasi: 1,5
  • Margin (jarak tepi kertas): top (3 cm), left (4 cm), right (3 cm), bottom(3 cm)

Sedangkan dengan margin sendiri adalah fitur yang ada di dalam Microsoft Word dan memiliki manfaat dalam mengatur jarak antara atas, bawah, kanan, dan kiri. Pada jarak tersebut, penghitungan jarak dari dokumen tersebut adalah dengan menggunakan hitungan centi meter.

Bahkan dengan adanya fitur tersebut, membuat dokumen menjadi teratur sesuai dengan aturan. Kemudian apabila dicetak, bentuknya akan memanjang ke atas dan bisa dicetak dalam bentuk memanjang ke samping.

Selain itu, dengan adanya margin juga semakin memudahkan kamu dalam membuat makalah. Termasuk dengan mengatur border atau garis tepi pada makalah. Kemudian, kamu bisa menggunakan garis tepi tersebut. Mulai dari garus biasa, putus-putus, dan garis yang telah dimodifikasi sedemikian rupa.

Penggunaan garis atau border tersebut akan membuat dokumen semakin menarik. Sebab, border sendir mempunyai tampilan yang bermacam-macam dengan ukuran yang berbeda-beda, hingga garis terkecil yang mengitari tepi dari dokumen tersebut.

Cara Mengatur Ukuran Kertas dan Margin Makalah

Mengatur Kertas

Dalam pembuatan makalah, kertas yang digunakan adalah model A4. Kemudian pada pengaturan ukuran kertas caranya adalah dengan pilih menu Page Layout -> dan klik tanda panah kecil pada bagian bawah, yakni More Paper Size. Setelah di klik, kemudian akan muncul 3 halaman, yakni Margin, Paper, dan Layout. kamu klik pada bagian Paper dan kamu akan masuk pada dialog pengaturan kertas, kamu klik kertas ukuran A4.

Mengatur Margin

Cara margin makalah kurang lebih sama dengan pengaturan kertas. Pilih menu Page Layout, lalu pilih Margins dan geser ke bawah pilih Custom Margins. Pada menu ini, akan muncul pengaturan pada bagian atas, bawah, kanan, kiri, dan kertas.

Baca Juga :   Cara Membuat Jadwal Meeting Di Google Meet

Kemudian pengaturan margin makalah tersebut dapat dilakukan secara manual. Setelah itu, kamu tulis ukuran margin pada masing-masing kolom, dan terakhir klik tulisan OK. Berikut beberapa pengaturan marginnya :

Top: 3 cm

Left: 4 cm

Right: 3 cm

Bottom: 3 cm

Kemudian apabila ukuran di Microsoft Word masih memakai inchi, maka kamu ganti perhitungannya menjadi centi meter terlebih dahulu. Sebab, kebanyakan di Ms Word menggunakan jarak perhitungan dengan menggunakan cm.

Demikian, sekilas mengenai cara pembuatan margin makalah dan ukuran kertas yang baik dan benar. Bahkan beberapa cara di atas tidak hanya digunakan di makalah saja, melainkan di skripsi juga. Maka dari itu, kamu harus paham dengan beberapa langkah tersebut. Supaya, dalam pembuatan makalah atau skripsi tidak mengalami kekeliruan. Semoga dengan adanya penjelasan di atas bisa membantu kamu dalam membuat makalah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here