Home Android Cara Merawat HP Android Agar Tahan Lama

Cara Merawat HP Android Agar Tahan Lama

cara merawat hp android

Merapote, bagi tips dan trik donk bagaimana cara merawat atau menjaga hp android saya agar tahan lama dan awet? Siapa tahu saya bisa ngikutin caranya dan hp saya bisa tahan lama dan awet sampai 4 tahun kedepan. Makasih ya!

Perlu Anda ketahui bahwa rata-rata diperkirakan orang Indonesia mengganti hp atau ponsel setiap 2 tahun sekali. Bahkan negara Amerika dan Inggris juga seperti itu, tidak ada bedanya dengan orang Indonesia.

Penyebabnya apa yang membuat mereka mengganti hp android setiap 2 tahun sekali?

Bosen? Banyak uang sehingga pengen beli smartphone keluaran terbaru? atau alasan lain.

Merapote tidak akan membahas alasan mereka, yang akan dibahas adalah bagaimana cara merawat ponsel android agar awet tahan lama bahkan sampai 5 tahun ke depan.

5 Cara Agar HP Android Tahan Lama dan Awet

Sebatas pengetahuan, orang-orang di India cenderung menjaga ponsel mereka. Mereka menggantinya setelah rata-rata sekitar 8 tahun, tak heran jika India adalah negara yang sedikit sampah elektronik, khususnya sampah ponsel bekas.

Indonesia bagaimana?

Orang-orang Indonesia masih tercatat mengganti smartphone mereka setelah 2 tahun bahkan kurang. Apalagi Indonesia adalah orang yang suka gonta-ganti smartphone terutama jika ada smartphone keluaran terbaru.

Ponsel mereka tidak perlu rusak atau hilang, jika ada smartphone keluaran terbaru pasti kebanyakan dari mereka akan beli walaupun hp lama masih bagus dan nyaman. Emang orang Indonesia termasuk pengoleksi smartphone ya haha.

Tetapi bagaimana dengan mereka yang memang mengganti smartphone dengan alasan tidak awet atau tidak tahan lama?

Untuk tipe smartphone apapun, mari kita bahas cara merawat hp atau smartphone android Anda biar tidak perlu gonta ganti hp lagi.

1. Lindungi dengan tempered Glass (pelindung layar)

Di awal Anda membeli smartphone baru, jangan terlalu buru-buru pulang untuk menikmati fitur dan kelebihan ponsel tersebut. Usahakan saat membelinya, sekaligus dipasang tempered glass atau peling layar agar awet dari debu, maupun gesekan ketika tidak sengaja terbentur atau jatuh.

Baca Juga :   Cara Setting Autotext Di Android

Untuk harga tempered glass tergantung merek smartphone yang dibeli. Anda bisa beli kisaran hari 80.000 atau sampai 150.000 rupiah. Anda dapat menyesuaikan dengan budget yang ada. Namun Anda pasti tahu jika semakin mahal maka semakin kecil kemungkinan layar retak jika terjadi benturan.

Bagaimana dengan smartphone lama yang belum pernah dipasang tempered glass? Segera belikan dan sekaligus minta pasangin ke penjualnya agar layar dibersihkan terlebih dahulu.

Lindungi Body Ponsel dengan CASE

Memberikan perlindungan pada layar dengan tempered glass saja tidak cukup. Anda juga perlu melindungi seluruh body ponsel android Anda dengan CASE Hp yang sulid.

Fungsi CASE pada ponsel apa? Fungsinya tidak lain untuk menghindari kejadian ponsel jatuh retak yang mengakibatkan kerusakan permanen.

Selain itu, case smartphone juga berfungsi sebagai pelindung dari debu maupun goresan pada body saat diletakan di saku maupun tas.

Baik smartphone baru maupun lama, segera belikan case sebagai pelindung body hp kesayangan Anda.

Charger HP Smartphone Anda dengan baik

Seperti apa charger hp dikatakan sudah baik agar ponsel tahan lama?

Kebanyakan kerusakan hp atau smartphone terjadi akibat cara charger hp smartphone yang salah.

1. Jangan pernah menggunakan ponsel saat sedang di charger

Mengapa demikian? Ponsel akan lebih cepat terisi ketika di charger tanpa digunakan. Aliran daya listrik untuk mengisi ponsel akan stabil tanpa ada aplikasi maupun penggunaan yang mengganggu jalannya pengisian baterai ponsel. Sehingga baterai akan awet dan tahan lama.

Kebanyakan dari kita, sering menggunakan ponsel saat sedang di cas atau di charger. Sehingga aliran daya tidak stabil, bahkan slot usb charger akan mudah longgar dan kelamaan akan rusak sehingga perlu mengganti slot tersebut.

2. Jangan pernah menggunakan power bank jika tidak mendesak

Setiap ponsel memiliki ukuran ampere masing-masing pada kepala charger. Artinya ketika menggunakan power bank, ponsel akan mendapatkan daya aliran listrik yang tidak seperti biasanya dan melebihi batas wajar. Sehingga akan merusak baterai ponsel Anda.

Baca Juga :   Cara Menggunakan Kuota Area XL

3. Jika ponsel mudah panas, hindari charger ponsel dengan case hp masih terpasang

Case hp atau pelindung body smartphone memang sangat berguna ketika terjadi benturan atau tidak sengaja jatuh. Namun jika ponsel Anda mudah panas, usahakan ketika cas atau charger smartphone, case hp dilepas agar panas ponsel mudah keluar dan pengisian baterai lebih cepat selesai.

Bukan hanya itu, hindari juga meletakan hp di kasur ketika di charger karena akan menghambat keluarnya panas pada ponsel. Usahakan di hp letakan di meja atau menggunakan alas datar yang tidak mengundang ponsel panas.

Hapus Aplikasi Ponsel yang tidak digunakan

Jika smartphone Anda memiliki ruang terbatas atau tidak rekomended untuk menginstal banyak aplikasi, mulai sekarang mulai pilih dan hapus aplikasi yang tidak begitu penting.

Terlalu banyak aplikasi akan membuat kinerja ponsel semakin tinggi, dengan begitu ponsel akan banyak menguras baterai dan tentu akan membuat lemot dan lag pada ponsel.

Gunakan jaringan internet yang lancar

Ini juga berpengaruh terhadap ponsel atau smartphone Anda. Di era sekarang hampir semua orang menggunakan paket internet pada ponsel mereka.

Namun Anda juga patut bijak dalam memilih paket internet dari provider yang bagus. Bagus bukan berarti dengan harga murah, namun juga kualitas jaringan yang mumpuni, terutama lancar di jaringan 4G.

Kenapa memilih paket internet itu penting? Karena jika Anda tergiur dengan paket data murah namun jaringan buruk, hal itu akan membuat kinerja ponsel semakin tinggi yang mengakibatkan panas dan baterai cepat habis.

Mungkin itu saja 5 cara merawat hp android agar awet dan tahan lama. 5 cara diatas adalah bagian penting dari bagaimana smartphone bisa awet dan tahan lama. Jika dijabarkan, akan lebih banyak dari di atas.

Anda dapat menambahkan tips dan trik agar ponsel atau smartphone lebih tahan lama dan awet dengan cara berkomentar.

Semoga artikel ini juga dapat membantu bagi Anda yang sering gonta ganti hp, tapi tidak berlaku bagi kalian yang sering beli hp baru karena banyak uang.

Sekian

2 COMMENTS

  1. Kak, mau tanya sebenarnya powerbank itu memang untuk charge Hp saat bepergian atau gimana, denger-denger katanya bukan untuk charge hp,,Mohon info yang falid,

    terima kasih

    • Yang jelas powerbank digunakan sebagai alat cahrging mobile, yang bisa digunakan saat darurat ketika tidak ada sumber listrik terdekat untuk menyolokkan casan ke HP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here