Mengembalikan File Excel yang Belum Tersimpan

Mengembalikan File Excel yang Belum Tersimpan

Cara Mengembalikan Atau Memulihkan File Excel yang Belum Tersimpan

Kemungkinan tidak sedikit orang yang mengalami masalah ketika menggunakan Microsoft Excel. Salah satunya adalah file yang belum tersimpan. Hal ini dikarenakan excel memiliki cara yang cukup rumit seperti mengolah data, membuat grafik, dan menggunakan rumus.

Kemudian ketika Microsoft Excel mengalami crash bakal menutup secara sendiri. Hal ini yang membuat kita tidak bisa menyimpan file secara mandiri. Baru setelah itu, kita menjadi panik karena hal itu merupakan pekerjaan kita.

Sebenarnya, kita tidak perlu khawatir ketika bekerja menggunakan Microsoft Excel dan terjadi masalah seperti itu. sebab terdapat cara mengembalikan file excel yang belum tersimpan. Selain itu, Microsoft Excel sendiri juga telah memiliki fitur mengembalikan atau memulihkan file yang belum disimpan.

Berikut Beberapa Cara Mengembalikan File Excel yang Belum Tersimpan :

1. Fitur AutoSave dan AutoRecover.

Sebenanya, dalam Microsoft Excel sendiri mempunyai fitur AutoSave dan AutoRecover. Hal ini dapat memulihkan file yang belum terseimpan.

Fitur AutoSave merupakan sebuah tool yang dapat menyimpan dokumen baru. Terutama data yang belum tersimpan sebelumnya. Kemudian dengan fitur AutoRecover, adalah tool yang membantu memulihkan data yang belum tersimpan.

Pada AutoRecover, paling tidak ada satu file Excel yang pernah tersimpan. Sebab tool ini akan mengembalikan ke versi terakhir dan ditampilkan pada panel Document Recovery. Hal ini bisa terlihat ketika anda membuka kembali Microsoft Excel dan kemudian muncul panel Document Recovery.

2. Mengkonfigurasi pengaturan AutoSave (AutoRecover).

cara mengembalikan file excel yang belum tersimpan yang kedua adalah mengonfomasi waktu AutoSave. Dalam fitur AutoRecovery, file akan tersimpan dalam 10 menit sekali. Namun anda bisa mengubahnya melalui pengaturan, kemudian diperpendek atau diperpanjang interval tersebut. Supaya lebih aman, maka anda harus memperpendek interval waktu tersebut.

Cara dalam mengonfirmasi pengaturan AutoSave atau AutoRecover juga cukup mudah. Pertama, masuk ke pengaturan AutoSave dan AutoRecover di Microsoft Excel. Kemudian klik tab file dari backstge Ms Excel dan pilih Options.

Setelah itu pada Options muncul klik tab Save. Pastikan sudah tercentang save AutoRecover informatio every. Kedua Keep the last AutoRecovered version if I close without saving. Lalu tentukan interval atau jarak waktu yang diinginkan.

3. Memulihkan file Excel yang belum disimpan

Ketika anda baru membuka dokumen baru di Ms Excel, namun kemudian listrik mati akan membuat file excel belum tersimpan. Anda sadar bahwa dikumen baru tersebut belum anda simpan atau CTRL+S. Hal ini biasanya akan membuat seseorang menjadi panik. Sebenarnya tidak perlu khawatir lagi, sebab masih ada cara mengembalikan file excel yang belum tersimpan.

Caranya adalah dengan klik tab File, klik Open, klik Recent, lalu klik tombol Recover Unsaved Workbooks.

Kemudian terdapat cara lain selain di atas tersebut. Yakni anda klik tab File, klik Info, klik tombol Manage Workbook dan kemudian pilih Recover Unsaved Workbooks.

Sebenarnya, kedua cara tersebut adalah membuka kotak dialog Open. Kemudian pada kotak tersebut anda bisa memilih file yang ingin dipulihkan atau dikembalikan. Setelag itu, klik tombol Open untuk membuka file tersebut.

Pada dokumen yang terbuka, dari Ms Excel tersebut akan meminta anda untuk menyimpan file lagi. Caranya adalah dengan klik tombol File, kemudian pilih Save As pada bilah warna kuning di atas worksheet Excel. Lalu simpan file pada lokasi penyimpanan aau folder yang anda inginkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here