Cartridge HP Tidak Terdeteksi

Cara Mengatasi Cartridge HP yang Tidak Terdeteksi

Cara Mengatasi Cartridge HP yang Tidak Terdeteksi

Sudah sering kita menemui printer yang bermasalah. Biasanya hal tersebut dikarenakan catridge yang bermasalah atau tidak terbaca atau terdeteksi. Jika memang demikian, maka printer yang dimiliki tidak bisa digunakan. Tidak terkecuali dengan Cara Mengatasi Cartridge HP Tidak Terdeteksi.

Hal tersebut sudah jelas akan menghambat aktivitas mencetak pekerjaan yang tengah dilakukan. Terdapat sejumlah cara dalam mengatasi hal tersebut.

Ciri-ciri Cartridge HP Rusak

Ketika catridge tidak terbaca, maka akan muncul sebuah peringatan tanda seru pada layar komputer. Hal seperti ini sama halnya ketika ketika tinta habis dan mengharuskan mengisinya kembali.

Seperti diketahui, cartridge menjadi salah satu komponen yang penting pada printer dalam mengalirkan tinta. Kemudian tinta tersebut akan membentuk sebuah objek yang sesuai dengan file pada komputer. Lalu akan tercetak sebuah file tersebut di objek yang biasanya berupa kertas.

Akan tetapi, apabila cartridge pada printer tidak terbaca, maka catridge tersebut tidak bisa melakukan sebagaimana fungsinya. Printer sama halnya sudah tidak berfungsi.

Sehingga, anda harus mencari cara untuk bisa mencetak file kembali. Salah satunya adalah memperbaiki masalah tersebut.

Akan tetapi sebelum membahas Cara Mengatasi Cartridge HP Tidak Terdeteksi, anda harus mengetahui penyebab catridge tesebut tak terbaca. Sebab, hal seperti ini biasanya disebabkan oleh sejumlah masalah. Seperti cartridge kotor, isi cartridge terlal penuh, tinta menggumpal atau mampet.

Berikut Cara Memperbaiki Cartridge Printer Tidak Terbaca

1. Mereset Manual

Cara pertama dalam memperbaiki cartridge tak terbaca adalah dengan cara meresetnya secara manual pada printer. Apabila cartridge masih tak terdeksi, alangkah baiknya mencoba cara lain. Namun apabila kerusakan pada cartridge tak terlalu fatal, maka catridge akan kembali normal.

Baca Juga :   Cara Memperbesar Resolusi Foto/Gambar

2. Perbaiki Posisi Cartridge

Biasanya, cartidge yang tak terbaca dikarenakan bergeser atau posisi cartridge berubah. Hal tesebut dikarenakan banyaknya jumlah cetak yang terlalu banyak, sehingga membuat posisi cartridge bergeser.

Sehingga, dalam mengatasi hal ini adalah dengan cara memperbaiki posisi cartridge. Caranya adalah dengan melepas cartridge terlebih dahulu dan memasangnya kembali dan mengembalikan pada posisi yang pas dan tepat.

3. Mengecek Chip Head Cartridge

Chip head menjadi bagian yang terpenting dan biasanya berada di bawah cartridge. Sehingga, kegunaanya sangat dibutuhkan dalam menjadi bagian dari printer.

Sehingga, kebersihan dari chip head cartridge harus selalu terjaga. Bisa saja, cartrigde tak terdeteksi dikarenakan chip kotor atau terkena tinta yang dikarenakan saat melakukan isi ulang. Sehingga, sangat berhati-hatilah dalam melakukan refil tinta.

Maka dari itu, cara memperbaiki chip yang kotor adalah dengan membersihkannya dengan menggunakan tisu kering. Lakukan secara hati-hati dan perlahan.

Jika Cartridge Rusak Total

Apabila Cara Mengatasi Cartridge HP Tidak Terdeteksi tak kunjung bisa menjadi solusi, kemungkinan besar terdapat masalah lain pada catridge. Bahkan bisa berujung pada kerusakan total. Apabila hal tersebut terjadi, maka tidak akan cara lain dalam memperbaikinya.

Salah satu caranya adalah dengan mengganti cartridge yang baru. Anda bisa mendapatkan cartridge tersebut di sejumlah toko kelengkapan komputer terdekat. Atau mungkin bisa mendapatkannya di beberapa toko online.

Demikian sejumlah Cara Mengatasi Cartridge HP Tidak Terdeteksi atau tidak terbaca. Mungkin cara tersebut menjadi panduan yang bisa membantu mengatasi cartidge yang tak terbaca pada printer yang digunakan.

Namun jika masih ragu dengan kerusakan tersebut, disarankan agar berkonsultasi dengan tukang servis printer terdekat.

Baca Juga :   Cara Mengubah Nama Di Google Meet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here