Cara Mengurutkan Abjad Di Excel

Cara Mengurutkan Abjad Di Excel Secara Otomatis

Microsoft Excel bisa dikatakan sebagai software berhitung yang kemudian juga banyak digunakan untuk keperluan administrasi perkantoran maupun pengelolaan berbagai macam data. Meskipun menjadi salah satu perangkat lunak perkantoran terpopuler, nyatanya tk sedikit pengguna yang masih belum menguasai penggunaanya secara optimal. Termasuk salah satunya adalah cara mengurutkan abjad di Excel.

Stop Lakukan Cara Manual dan Mulai Coba Cara Mengurutkan Abjad Di Excel

Salah satu kegunaan dari Excel adalah untuk mengelola data. Nah dalam pengelolaan ini, tak jarang pengguna perlu menyusun data dalam urutan tertentu sehingga lebih mudah dibaca ataupun diproses. Dengan jumlah data yang bisa mencapai ribuan, tentunya cara mengurutkan abjad di Excel secara otomatis akan sangat memudahkan pekerjaan. Karena seperti yang kamu tahu, sebuah lembar kerja Excel bisa saja memuat ribuan data yang tak berurutan.

Seperti yang kamu ketahui bahwa proses input data pada Excel memang tidak selalu bisa dilakukan secara berurutan. Untuk memudahkan pengguna, Excel menawarkan fitur penyortiran dalam 2 urutan yaitu Ascending (A-Z) dan Descending (Z-A).

Sortir Ascending untuk urutan yang dimulai dari huruf A hingga huruf Z, sementara sortir Descending untuk urutan yang dimulai dari huruf Z ke huruf A. Dengan begitu, kamu bisa memilih urutan sesuai kebutuhan dan keinginan.

Mengurutkan data berdasar abjad biasanya bertujuan agar lebih memudahkan pengguna saat mencari atau menemukan data yang berupa nama atau kata tertentu.

Dengan mengelompokkan data berdasar urutan abjad, maka proses pencarian atau pengelompokan akan menjadi lebih cepat. Bahkan jika data tersebut memiliki jumlah yang tidak sedikit dalam lembar kerja Excel.

Nah, langkah-langkah yang bisa kamu coba lakukan untuk mengurutkan data sesuai dengan urutan abjad yaitu

  1. Silakan buka lembar kerja Excel yang memuat data yang ingin kamu sortir
  2. Selanjutnya, lihat pada header atau bagian yang memuat nama-nama data yang ingin disortir. Misalnya jika kolom A1 berisi Nomor Urut dan Nama Produk berada pada B1 serta beberapa judul data lain pada kolom C1, D1 dan seterusnya. Silakan blok di A1 hingga di ujung tabel, D11 misalnya. Atau jika lembar kerja kamu cukup panjang, silakan klik di A1 lalu tekan tombol Shift lalu klik lagi di akhir data.
  3. Setelah tabel yang ingin kamu urutkan terblok atau terseleksi, silakan klik ribbon Data
  4. Nah, pada tampilan ribbon Data, lihat bagian Sort & Filter lalu silakan kamu klik Sort
  5. Selanjutnya Excel akan menampilkan kotak dialog Sort dengan beberapa opsi di dalamnya. Silakan kamu berikan centang pada kotak My data has headers karena memang terdapat header seperti Nomor Urut, Nama Produk dan sebagainya. Header ini yang kemudian menjadi acuan pemilahan data yang disortir.
  6. Dalam kotak dialog tersebut, pada bagian Sort by, kamu bisa memilih data di bagian header mana ingin diubah urutannya. Misalnya kamu memilih Sort by Nama Produk, atau bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.
  7. Pada bagian Sort on, kamu bisa membiarkannya tanpa perubahan.
  8. Nah, pada bagian Order, kamu bisa memilih urutan alfabetis yang diinginkan, kamu bisa memilih A to Z (Ascending) atau Z to A (Descending ) atau bahkan urutan kustom kamu sendiri. Bagian inilah inti dari cara mengurutkan abjad di Excel.
  9. Apabila opsi sortir dirasa sudah sesuai, silakan kamu klik OK.
  10. Silakan kamu lihat, apakah data yang berada di bawah header yang dimaksud sudah berubah urutannya sesuai urutan abjad? Dalam contoh yang disebutkan, maka data produk akan diurutkan sesuai namanya. Lihat pula data yang terkait dengan produk tersebut, akan mengikuti urutan nama produk. Jadi tidak ada detail yang berubah, hanya posisinya saja yang diurutkan sesuai abjad.
Baca Juga :   Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi

Apabila langkah-langkah yang kamu lakukan sudah benar, maka data akan ditampilkan sesuai dengan harapan kamu tanpa ada selisih. Mengurutkan data yang berjumlah ribuan pun bisa dilakukan dalam hitungan detik melalui cara otomatis seperti ini. Dan sudah seharusnya cara mengurutkan manual tidak digunakan pada software yang dibuat memang untuk memudahkan pekerjaan.

Demikianlah cara mengurutkan abjad di Excel yang bisa kamu terapkan untuk memudahkan pekerjaan. Meskipun cara ini terbilang sepele, nyatanya tak sedikit pengguna yang kurang menguasai dan mengoptimalkan fitur yang ada pada Excel. Dengan terus belajar dan berlatih, tentu kamu bisa mendapatkan manfaat lebih banyak dari software semacam ini.

Merapote

Blogger newbie yang masih banyak belajar di dunia blogging, semoga bermanfaat.

Leave a Comment