Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format

Merapote

Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format

Berikut Sejumlah Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format

Siapa yang tidak tahu dengan Flashdisk, barang yang kecil dan berguna sebagai penyimpanan data serta mudah untuk dibawah ke mana saja. Tidak hanya itu saja, flashdisk juga memiliki fungsi sebagai back up file dari PC apabila sewaktu-waktu hilang.

Namun, kita harus berhati-hati dalam menyimpan file di flashdisk. Sebab, jika flashdisk hilang atau rusak, maka kamu yang bakal bingung. Seperti contohnya ketika di colokkan ke PC, minta format. Hal ini akan menghilangkan semua data.

Sehingga, kamu harus mencari cara mengatasi flashdisk minta format. Selain itu, kamu juga harus menyimpan file penting dan membuat cadangan di tempat lain.

Sejumlah Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format

  1. Colokkan Flashdisk pada Port USB Lain

Sebuah driver menentukan kemampuan PC dalam mendeteksi perangkat USB. Driver sendiri adalah sebuah sekumpulan file yang dapat diinstall supaya sistem operasi bisa mengenali perangkat keras. Salah satunya adalah USB flashdisk.

Kemudian cara mengatasi flashdisk minta format adalah dengan mengecek kesalahan pada instalasi driver. kamu perlu mencoba untuk mencolokkan flashdisk ke port USB yang lain. Namun jika masalahnya masih tetap sama, maka cobalah menggunakan cara selanjutnya.

  1. Restart PC

Apabila PC yang lama tidak dimatikan atau istirahat kemudian dicoloki oleh flashdisk, maka akan terjadi masalah yang cukup rumit. Sebab, bakal terjadi error yang tidak bisa mengenali flashdisk dengan baik.

Selain itu, PC yang digunakan selama seharian tanpa berhenti, bisa jadi mengundang file tidak penting yang bakal menghambat performa. Lalu solusinya adalah dengan merestart PC tersebut. Sebab ketika di restart, maka file yang sifatnya sementara tersebut akan hilang. Kemudian PC kembali nyala dengan keadaan fresh. Sehingga membuat flashdisk bisa terdeteksi dengan normal.

  1. Colokkan Flashdisk ke PC Lain

Setiap PC memiliki kondisi yang berbeda-beda. Sebab, biasanya dua komputer memiliki sistem operasi yang sama, namun kemampuan dan kecepatannya berbeda. Hal seperti itu, biasanya dipengaruhi oleh jenis dan jumlah aplikasi yang terinstall di PC.

Baca Juga :   Cara Mematikan Update Windows 10

Cara mengatasi flashdisk minta format lainnya adalah dengan mencolokkan ke PC lain. Sebab bukan tidak mungkin PC lain bisa mendeteksi flashdisk kamu dengan normal. Apabila berhasil, berarti terdapat masalah pada PC anda. Maka kamu harus melakukan backup pada file-file penting.

  1. Lakukan Pengecekkan Flashdisk Melalui CMD

Lalu cara cara mengatasi flashdisk minta format lainya yang agak sulit adalah dengan mengoperasikan Command Prompt. Meski terbilang agak sulit, namun kamu harus mencobanya. kamu bisa menggunakan perintah chkdsk dalam mengecek integritas pada file system di flashdisk dan kemudian perbaiki sejumlah kerusakan yang ada.

Caranya adalah membuka Command Prompt dengan cara klik windows dan ketik “cmd” dan pilih menu Run as administrator. Lalu kamu ketik lagi “chkdsk d:f” pada Command Prompt. Kemudian ganti huruf “d” dengan partisi flasdisk yang bermasalah. Setelah itu, tekan enter dan tunggu beberapa saat hingga proses pengecekan kembali normal.

  1. Gunakan Aplikasi Pengambilan Data

Namun apabila cara mengatasi flashdisk minta format di atas belum berhasil, kamu harus mencoba cara terakhir ini. Supaya data kamu bisa terselamatkan sebelum diformat. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti MiniTool Power Data Recovery. Software ini mampu mengambil file di flashdisk yang file sistemnya terdeteksi sebaagai RAW.

Cara penggunaanya pun sangat mudah. Pertama, kamu harus berkunjung ke website MiniTool (www.minitool.com). Setelah itu, kamu klik pada menu download. Lalu, kamu scroll ke bawah hingga menemukan bagian MiniTool Data Recovery.

Kemudian, kamu pilih Power Data Recovery 8.7 Free. Memang aplikasi ini bisa diunduh secara gratis, namun fiturnya terbatas. kamu hanya bisa menyelamatkan file dengan ukuran maksimal 1 GB. Sehingga, kamu bisa mengambil data yang dianggap penting saja.

Baca Juga :   Download Resetter Epson L3110

Anda buka file instalasi dan ikuti instruksi hingga selesai. Lalu proses instalasi akan mendownload file tambahan dengan ukuran yang tidak telalu besar. Apabila sudah terinstall, klik tombol Start Now.

Setelah itu pada jendela terbuka, kamu pilih menu Removable Disk dan pilih nama flashdisk anda. Baru kemudian kamu klik tombol Scan. kamu diminta menunggu beberapa saat untuk mendeteksi file anda. Lalu lakukan select pada file tersebut dan klik tombol save. Kemudian apabila sudah menaruh file di lokasi yang aman, baru lakukan format pada flashdisk tersebut.

Baca artikel Merapote.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Merapote.com tidak menyarankan untuk download aplikasi MOD. Aplikasi modifikasi pihak ketiga merupakan aplikasi tidak resmi dan sangat berisiko bagi keamanan perangkatmu. Jaka tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu pada perangkatmu. Selain itu, penggunaan aplikasi MOD juga sangat merugikan pihak developer!

Merapote

Blogger newbie yang masih banyak belajar di dunia blogging, semoga bermanfaat.

Tags

Artikel Terkait