Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi

Jangan Panik Dulu, Begini Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi di Laptop

Selain bertujuan untuk mendengarkan audio secara lebih optimal, penggunaan headset juga sering kali bertujuan untuk tidak mengganggu orang lain di sekitar atau alasan privasi. Terlebih di masa-masa yang semakin serba online saat ini, penggunaan headset di laptop pun semakin meningkat untuk kebutuhan kelas maupun rapat online.

Namun sama halnya dengan alat lain, headset dan komputer pun tak luput dari masalah. Akan sangat menyebalkan jika tiba-tiba Kamu harus mencari cara mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop saat sedang butuh-butuhnya.

Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi di Laptop

Jack headset sudah Kamu colokkan ke port audio yang ada di laptop. Namun saat Kamu memutar audio atau video, suara tak kunjung terdengar dan malah terdengr dari speaker laptop. Mungkin masalah koneksi headset ke laptop ini terkesan sepele, tapi pada situasi tertentu kondisi ini bisa sangat membuat jengkel. Oleh karen itu, mari kita bahas bagaimana cara mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop.

Tentu saja untuk bisa mengatasi masalah koneksi headset ini, Kamu perlu menganalisa apa yang menjadi penyebabnya terlebih dahulu. Biasanya, pemicu headset yang tidak terdeteksi oleh laptop diantaranya;

  • Adanya masalah software driver headset di laptop yang bermasalah,
  • Adanya masalah di port audio milik laptop, atau
  • Headset yang rusak, misal kabelnya yang putus ataupun jack yang korosi.

Dengan mencoba menganalisa penyebabnya, Kamu pun bisa mengatasi masalah ini secara lebih tepat dan efisien tanpa harus menghadapi risiko yang tidak seharusnya. Langkah-langkah yang bisa Kamu coba berikutnya sesuai penyebabnya diantaranya;

  1. Masalah Software

Apabila Kamu merasa telah terjadi perubahan pada laptop Kamu, setelah instal ulang atau update misalnya, maka tak ada salahnya Kamu mencoba melakukan perbaikan software.

Baca Juga :   Cara Meredupkan Layar Laptop

Coba lakukan Scan for Hardware Change seadainya laptop Kamu tidak mengenali  headset, caranya

  • klik tombol Windows + tombol X di keyboard lalu pilih Device Manager
  • dalam menu Device Manager, silakan klik Sound, Video and Game Controllers
  • kemudian klik ikon Scan for Hardware Changes yang ada di atas lalu tunggu proses berjalan
  • setelah proses selesai, silakan refresh atau restart laptop

Jika belum memperbaiki masalah, coba update driver untuk mengantisipasi masalah kegagalan pengenalan headset dan sebagainya, caranya

  • aktifkan koneksi internet di laptop
  • klik tombol Windows + tombol X di keyboard untuk mengakses Device Manager
  • di dalam Device Manager, klik Sound, Video and Game Controllers lalu klik perangkat yang ada di bawahnya
  • selanjutny Kamu bisa klik ikon Update Driver Software yang ada di atas sehingga kemudian laptop akan mulai mencari update driver untuk perangkat tersebut
  • setelah proses update driver selesai, silakan refresh atau restart laptop

Kamu juga bisa mencoba mengubah Sample Rate dan Bit Depth pemutaran audio yang dilakukan oleh laptop Kamu, caranya

  • klik kanan pada ikon sound, biasanya ada di dekat tray desktop (pojok kanan bawah)
  • silakan pilih Playback devices
  • pilih speaker atau headset yang terpasang lalu klik Properties
  • di jendela Properties, masuk ke tab Advanced lalu ubah Sample Rate & Bit Depth. Kamu mungkin perlu mencoba hingga beberapa pilihan hingga headset akhirnya bisa terdeteksi
  • saat headset Kamu sudah berbunyi, klik Apply untuk menyimpan perubahan
  1. Masalah Hardware

Kamu juga bisa saja melakukan pemeriksaan pada kondisi fisik headset maupun laptop terlebih dahulu sebelum melakukan langkah cara mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop di atas. Namun tentu saja, semua tergantung pada situasi.

Baca Juga :   Cara Membuat Margin Skripsi di MS Word

Kamu bisa memulai dari memeriks kondisi fisik headset untuk memastikan bahwa masalah tidak terletak pada laptop Kamu. Caranya, tentu dengan memeriksa kondisi headset tersebut. Pastikan bahwa kabel tidak putus, jack audio juga dalam kondisi bersih, baterai cukup (heaadset bluetooth) dan sebagainya.

Kamu juga bisa memastikannya dengan mencoba menghubungkan headset tersebut dengan perangkat lain seperti handphone atau MP3 player. Jika tidak berbunyi, tentu saja silakan Kamu beli headset baru.

Apabila heaadset berbunyi di perangkat lain, kemungkinan masalah hardware terletak pada laptop Kamu. silkan mulai pemeriksan pada kondisi port audio terlebih dahulu. Saat Kamu mencoba menghubungkan headset lain atau speaker ke jack  audio laptop, dan perangkat output tersebut tidak berbunyi, besar kemungkinan masalah ada di laptop Kamu.

Ada kemungkinan port jack audio laptop kotor atau kemasukan benda lain. Silakan kunjungi teknisi apabila Kamu tidak memiiki keterampilan dan keahlian di bidang elektronika.

Itulah beberapa langkah yang bisa Kamu coba sebagai upaya cara mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop. Tetap analisa penyebab secara tenang dn jangan panik. Karena kondisi panik bisa saja membuat masalah menjadi semakin parah. Selamat mencoba.

Merapote

Blogger newbie yang masih banyak belajar di dunia blogging, semoga bermanfaat.

Leave a Comment