Beranda Internet Cara Menjaga Data Pribadi di Internet

Cara Menjaga Data Pribadi di Internet

Cara Menjaga Data Pribadi di Internet

Kemajuan teknologi mempercepat pertukaran informasi, termasuk informasi data pribadi. Namun, kemajuan teknologi juga berbahaya bagi keamanan data pribadi seseorang. Sehingga kita perlu mengetahui cara menjaga data diri agar tetap aman di internet.

Dalam menjaga data pribadi ketika terhubung internet tidaklah sulit. Hanya saja, dibutuhkan pemahaman dasar akan pengamanan akun agar seluruh informasi pribadi tidak bocor ke pihak yang tidak bertanggung jawab.

Untuk itu, kita perlu tahu cara mengamankan akun terutama tentang dasar-dasar pengamanan info pribadi di internet. Yuk Simak!

4 Cara Aman Menjaga Data Pribadi di Internet

1. Perhatikan larangan berkunjung ke suatu situs/web

Semua informasi bisa kita dapatkan melalui internet. Namun, tidak semua situs aman untuk kita kunjungi.

Bagi pengguna google chrome, akan muncul deteksi otomatis jika situs tersebut memiliki malware. Dimana deteksi otomatis ini sebagai peringatan bagi kita bahwa situs tersebut berbahaya dan dilarang untuk dikunjungi.

Jika tetap mengakses situs tersebut, kemungkinan mengandung Phishing yang bisa mencuri data akun pribadi kita.

2. Download Aplikasi dari Situs Resmi

Bagi pengguna android, pastikan mengunduh aplikasi yang bersumber dari Google Play Store. Karena semua aplikasi didalamnya sudah melalui seleksi proteksi dari Google Play Protect sehingga dijamin keamanannya.

Sebagai informasi bahwa Google Play Protect adalah bagian dari Google Play Store yang memiliki tugas untuk memeriksa aplikasi dan perangkat yang kita gunakan. Hal itu untuk mencegah program berbahaya dan memastikan aplikasi tidak berbahaya yang mengakibatkan kebocoran data pribadi akun kita. Dengan kata lain, Google Play Protect adalah lapisan keamanan bawaan yang ideal bagi ponsel kita. Udah tahu 9 Aplikasi Android Berbahaya ?

Pada tahun 2017, Google mencatat lebih dari 700.000 aplikasi yang melanggar kebijakan Google Play. Angkat ini meningkat sebanyak 70% dari aplikasi yang sudah di takedown pada tahun 2016.

3. Jangan sembarangan login di perangkat lain

Kebocoran data akun pribadi juga disebabkan karena kelalaian kita. Banyak orang yang login email, facebook dan sebagainya di komputer atau laptop lain yang mengandung malware. Terutama ketika berkunjung ke warnet dan login email di komputer warnet.

Mungkin tidak semua, namun bisa dipastikan komputer warnet terjangkit virus karena digunakan oleh banyak orang. Sehingga perlu hati-hati dan disarankan untuk tidak melakukan akses akun pribadi seperti email dan akun media sosial.

4. Gunakan Verifikasi 2 Langkah

Keamanan data akun pribadi email sangat penting untuk dijaga. Sehingga kita perlu mengamankan semua konten di inbox dengan mengaktifkan verifikasi 2 langkah (two-step verification).

Dengan mengaktifkan fitur ini, maka google akan mengirimkan kode verifikasi pada ponsel kita sebelum bisa login. Silahkan aktifkan dan lindungi akun anda dengan Verifikasi 2 Langkah

Baca juga: Cara menghapus Virus di HP Android

Demikian 4 cara aman menjaga data akun pribadi di internet. Semoga bisa sama-sama belajar dan lebih hati-hati dalam menjaga keamanan data akun pribadi kita.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here