Cara Menghapus Chromium Di Laptop

cara menghapus chromium di laptop permanen merapote

Cara Menghapus Chromium Di Laptop Windows Secara Permanen

Bagi anda yang sering menggunakan laptop/PC dalam aktivitas sehari hari terutama untuk browsing di internet, anda perlu berhati-hati karena berbagai macam virus dan malware mengancam sistem komputer milik anda. Virus dan malware ini jika dibiarkan tentunya akan merusak berbagai data yang ada dalam sistem komputer.

Belakangan, muncul satu program yang dicurigai sebagai malware. Tiba-tiba saja program ini ada di laptop anda, dan tiba-tiba saat anda menggunakan laptop program ini terbuka dengan sendirinya. Dan menyebalkannya lagi, setelah program ini berjalan, kinerja laptop anda menjadi berat dan berujung lemot.

Yap, program ini bernama chromium. Sebuah program browser yang mirip dengan google chrome dari segi nama dan logo, hanya saja icon chromium berwarna biru kelabu. Setelah menyadari chromium ini mengganggu kinerja laptop anda, sudah pasti anda mencari cara menghapus chromium di laptop anda.

Baca Juga :

Masalahnya, tak semudah itu menghapus chromium secara permanen. Bagi anda yang sedang mencari tau cara uninstall chromium secara permanen, berikut ini kami akan jelaskan caranya secara terperinci.

Darimana Asal Browser Chromium ?

Pada dasarnya chromium ini merupakan browser yang dikembangkan secara open source. Karena basicnya open source ini lah sehingga ada banyak sekali versi dari chromium bertebaran di internet. Dan sudah bisa ditebak, beberapa versi ada yang disusupi oleh malware.

Inilah yang menyebabkan anda menjadi sulit menghapus/uninstall chromium dari laptop anda. Sudah dicoba uninstall berapa kali pun, chromium masih tetap ada dan tidak bisa di uninstall.

Cara Menghapus Chromium Di Laptop Windows Secara Permanen

Di artikel ini kami akan jelaskan bagaimana cara menghapus chromium secara tuntas sampai 100% bersih. Ada 3 tahapan yang harus anda lakukan agar chromium bisa terhapus dari laptop anda secara permanen yaitu :

  1. Hapus/uninstall chromium melalui Uninstaller Windows di Control Panel.
  2. Delete hidden file chromium yang mengandung malware dari local disk C.
  3. Hapus registry chromium di system windows.

Dan silahkan untuk setiap stepnya anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

Step 1 : Hapus/Uninstall Chromium Melalui Control Panel

  1. Klik Start lalu pilih Control panel. (Untuk Windows 10 silahkan tekan tombol windows dan search ‘control panel’ pada kolom pencarian)
  2. Pilih Programs lalu Program & Features. Lalu cari Chromium, klik kanan pilih Uninstall.
  3. Bila muncul pop-up Uninstall Chromium seperti gambar berikut, centang pada kotak “Also delete your browsing data?“ dan klik Uninstall. cara menghapus chromium di laptop
  4. Step 1 sudah selesai. Kita lanjut ke step ke-2.

Step 2 : Delete Hidden File Chromium Yang Masih Tersisa di Local Disk C

  1. Buka File Explorer. (Silahkan tekan kombinasi tombol windows+E di keyboard)
  2. Pilih menu Tools > Folder Options > Aktifkan Show Hidden Folder. (Jika menggunakan windows 10 , pilih tab menu View dan centang di bagian Hidden items)
  3. Lalu masuk ke lokasi folder berikut :  C:\User\Nama User\App Data\Local\.
  4. Cari folder chromium, lalu klik kanan pilih Delete.
  5. Step 2 sudah selesai. Sekarang agar terhapus tuntas sampai ke akar, silahkan anda lanjut ke step 3.

Step 3 : Hapus Registry Chromium Di System Windows

  1. Klik Start lalu search Regedit.
  2. Cari HKEY CURRENT USER → Sofware → Chromium → klik kanan pada folder dan pilih Delete.
  3. Selesai. Restart komputer/laptop anda.

Meskipun terlihat panjang dan ribet, namun cara di atas terbukti bisa menghapus chromium secara permanen dari laptop & komputer anda. Setelah berhasil menghapus chromium, kami sarankan anda lebih berhati-hati saat menggunakan komputer terutama saat ingin mendownload file.

Sekian dulu artikel dari kami, semoga artikel ini membantu dan juga menambah wawasan anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here