Cara Membuat Margin Skripsi di MS Word

Cara Membuat Margin Skripsi di MS Word

Membuat Margin Skripsi dengan Mudah di Microsoft Word

Bagi anak-anak millenial zaman sekarang, sapa yang tidak kenal dengan aplikasi Microsoft Word. Terlebih dengan mahasiswa atau pekerja kantoran yang kerap menggunakan aplikasi tersebut dalam membuat dokumen. Terkhusus pada mahasiswa, aplikasi ini merupakan hal yang sangat penting dalam melanjutkan pendidikannya. Sebab, aplikasi tersebut menjadi media bagi mahasiswa dalam menulis artikel, makalah, hingga skripsi.

Terutama pada penyusunan skiripsi, pengerjaan tugas tersebut tidak bisa dikerjakan dengan ngawur atau asal-asalan.  Hal ini dikarenakan skripsi mempunyai kaidah penulisan yang harus ditaati oleh para mahasiswa. Kemudian, kaidah tersebut antara satu universitas di Indonesia dengan yang lain tidak berbeda jauh.

Dalam pembutan skripsi, beberapa diantaranya menggunakan struktur isi. Mulai dari persetujuan pembimbing, halaman pengesahan, pernyataa, kata pengantar, rangkuman, daftar isi, bab 1, bab 2, bab 3, bab 4, bab 5, dan kesimpulan. Selain itu, masih ada jenis huruf, ukuran huruf, margin skripsi, ukuran halaman, jarak antar gambar, spasi penulisan, dan masih banyak lagi.

Margin sendiri adalah sebuah tepi atay batas. Kemudian di aplikasi Microsoft Word, margin merupakan jarak antar tepi pengetikan dengan tepi halaman dalam sebuah dokumen. Dengan adanya margin tersebut akan membantu mahasiswa dalam membuat dokumen. Sebab, jarak antara tepi halaman dengan tepi pengetikan tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat.

Cara Membuat Margin Skripsi di MS Word

Apabila kamu mencari Margin, letaknya ada pada menu Page Layout kemudian ada di toolbar Page Setup. Di sana ada Margin dan kamu bisa mengaturnya sendiri di menu Custom Margins yang berada paling bawah. Klik Custom Margin dan pilih pengaturan dialog. Diantaraya adalah :

  1. Margin top

Margin Top merupakan margin dengan tujuan untuk memberikan jarak kertas dengan bagian kertas yang lainnya. Sama seperti namanya, kata top menjadi tanda bahwa margin ini adalah batas jarak kertas bagian atas. Misal penulisan pada halaman bagian atas, maka semakin besar angkanya juga semakin besar marginaya. Namun apabila tidak diberi angka, maka ukurannya semakin kecil.

  1. Margin bottom

Sesuai dengan namanya, Margin Bottom merupakan jarak pada bagian bawah kertas. Fungsi dari margin ini adalah memberi ruang dan jarak. Ketika dokumen tersebut akan dijilid, sehingga margin bottom diperlukan supaya simetrsi ketika dipotong. Maka dari itu, naskah di dalam dokumen tersebut akan aman saja ketika dipotong.

Baca Juga :   Cara Membuat Simbol Kurang Lebih Di Word
  1. Margin left

Kemudian dengan margin left merupakan jarak kertas pada bagian kiri. Pada margin skripsi bagian kiri, biasanya akan diberikan ruang lebih lebar. Hal ini dibuat dikarenakan bagian kiri kebanyakan untuk penjilidan skripsi. Sehingga, bagian kiri lebih lebar dan batas teks naskah tetap simetris.

  1. Margin Right

Sedangkan dengan margin right merupakan jarak kertas di sebelah kanan. Namun jaraknya berbeda dengan margin kiri. Margin kanan ukurannya lebih kecil dikarenakan tidak terkena jilid. Margin kanan pada skripsi biasanya dipakai pada ukuran 3 cm.

  1. Margin gutter dan margin gutter position

Kemudian dengan margin gutter memiliki fungsi dalam mengatur batas kiri pada ruang lipatan dari kertas. Sedangkan dengan gutter position membantu dalam menentukan letak dari penjilidan, dari bagian kiri atas.

  1. Potrait

Sementara itu, pengaturan margin skripsi pada Microsoft Word pada bagian bawah terdapat di bagian potrait kertas. Dengan adanya fitur ini, kamu bisa mengatur posisi kertas berdiri.

  1. Landscape

Apabila potraite merupakan posisi kertas berdiri, maka landscape adalah mengatur posisi kertas tidur. Kemudian dengan posisi horizontal, memang sangat jarang digunakan pada skripsi. Sedangkan dengan penulisan table, pengaturan ini juga kerap digunakan.

Cara Mengatur Margin Skripsi

Ketika membuat skripsi, pastinya kamu harus mengatur bagaimana agar dokumen tersebut bisa simetrsis. Sebab dengan mengatur margin skripsi, maka batas jarak tepi antar lembar dan halaman menjadi lebih baik. Caranya adalah dengan :

  1. Buka aplikasi Microsoft Word,
  2. Kemudian pilih menu Page Layout dan buka Margins, dan terdapat banyak pilihan (Normal, Moderate, Narrow, dan Wide),
  3. Lalu dropdown dan pilih Custom Margins, di sana terdapat sangat banyak pilihan lagi,
  4. Pilih Margin, dan atur margin sesuai dengan aturan : Margin (jarak tepi kertas) : top (3 cm), left (4 cm), right (3 cm), bottom(3 cm)
Baca Juga :   Cara Membuat Label Undangan di Word

Lebih baik dilakukan pengaturan margin terlebih dahulu sebelum membuat naskah skirpsi atau makalah. Dengan hal ini akan memudahkan para mahasiswa dalam menyelesaikan tugasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here